Pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem ke-32 di Distrik Usilimo Kabupaten Jayawijaya

Wamena - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya kembali mengadakan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) yang ke – 32 di Distrik Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Rabu (7/8/24).

Festival Budaya Lembah Baliem ini merupakan agenda tahunan Kabupaten Jayawijaya yang  masuk dalam 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) dan juga dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Indonesia ke 79 tahun 2024.

Pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem ke-32 oleh PJ Gubernur Papua Pegunungan Drs. Velix Vernando Wanggai, S.I.P, M.P.A dan PJ Bupati Jayawijaya M. Mayor, S.Pd,MM.

Foto : Agris Wistrijaya

Dalam Sambutan PJ Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor, S.Pd,MM mengatakan bahwa pada tahun 2024 Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif telah menetapkan FBLB masuk dalam 10 besar KEN dari  110 Event unggulan Nusantara.

KEN sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memamerkan keunikan Budaya Tradisi  dan  Kreatif Indonesia yang melibatkan berbagai pihak termasuk Pemerintah Daerah, Pelaku Industri Parawisata, Seniman, dan Komunitas Lokal.

PJ Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor, S.Pd,MM memberikan ucapan selamat datang kepada Kepala Badan Parekraf beserta rombongan dan seluruh pengunjung FBLB 2024 baik Wisatawan Lokal Maupun Mancanegara serta kepada pengunjung yang baru pertama hadir di Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya.

“Banyak Informasi Berita tentang situasi dan kondisi di Kabupaten Jayawijaya, tetapi masih banyak Masyarakat dengan antusias melihat secara langsung kemeriahan Festival Budaya Lembah Baliem ini” ungkap PJ Bupati Jayawijaya.

Dalam Festival Budaya Lembah Baliem tersebut dibuka oleh PJ Gubernur Papua Pegunungan Drs. Velix Vernando Wanggai, , S.I.P, M.P.A dan Kepala Badan Parekraf serta PJ Bupati Jayawijaya M. Mayor, S.Pd,MM.

Atraksi Panahan oleh PJ Gubernur Papua Pegunungan Drs. Velix Vernando Wanggai, S.I.P, M.P.A dan PJ Bupati Jayawijaya M. Mayor, S.Pd,MM.

Foto : Agris Wistrijaya

Pembukaan FBLB 2024 juga dibuka oleh Atraksi dan Tarian dari Siswa-Siswi SMU Negeri Kurulu dan juga Atraksi Panahan yang langsung di coba oleh PJ Gubernur Papua Pegunungan Drs. Velix Vernando Wanggai, S.I.P, M.P.A dan PJ Bupati Jayawijaya M. Mayor, S.Pd,MM.

Selain Atraksi Perang-perangan yang di tampilkan oleh beberapa Distrik, terdapat juga Pameran hasil kreatifitas asli Kabupaten Jayawijaya seperti beberapa Tas Noken, Gelang, kalung, Kopi, Madu, Buah Merah, serta hasil Panen lainnya.

FBLB tahun 2024 ini berlangsung mulai dari tanggal 7 sampai dengan tanggal 9 Agustus 2024 dan pada tanggal 10 Agustus akan diadakan Karnaval Budaya di depan Taman Tugu Salib.

Berdasarkan agenda acara, untuk hari kedua akan di suguhkan atraksi Perang-perangan, Tari-tarian, atraksi permainan Sikoko dan Puradan, permainan Musik pikon, Atraksi Panahan dan Lempar Tombak, serta atraksi karapan babi. (AgW/AW)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top