Setelah Digelar Selama 32 Tahun, Sandiaga Uno Jadi Menteri Pariwisata Pertama yang Hadiri FBLB

WAMENA - Setelah 32 Tahun pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem yang tersohor di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, akhirnya dihadiri juga oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (09/08/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri FBLB Ke-32 di Kampung Wosiala-Jayawijaya, Papua Pegunungan

Foto : Agris Wistrijaya

Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata pertama yang menghadiri even budaya tahunan yang digelar di Kampung Wosiala, Distrik Wosilimo Kabupaten Jayawijaya – Provinsi Papua Pegunungan.

Kehadirannya memberikan semangat budayawan dan Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan dunia Pariwisata di Kabupaten yang terletak di pedalaman Tanah Papua itu.

Even budaya yang berlangsung selama tiga hari sejak 7-9 Agustus 2024 ini masuk dalam 10 Top Kharisma Even Nasional (KEN).

Disela-sela penutupan FBLB Ke-32 itu Sandiaga Uno mengingatkan Pemerintah Daerah dan provinsi untuk megembangkan Kabupaten Jayawijaya untuk menjadi Kota Ekonomi Kreatif Kabupaten berkelas dunia.

“Terpilihnya FBLB sebagai 10 Top KEN diharapkan akan banyak manfaat bagi masyarakat, dalam pelestarian budaya dan pengembangan ekonomi sebab banyak wisatawan yang datang sehingga kemenparekraf siap untuk mendukung iven ini kedepannya,” ugkapnya.

Lanjutnya, pelaksanaan FBLB merupakan penguatan sektor ekonomi kreatif  dan kemenparekraf menawarkan beberapa program seperti penguatan ekosistem, penguatan ekonomi kreatif melalui beberapa program.

“Kalau saya lihat tadi ini bisa dijadikan ekosistem Kota Ekonomi Kreatif kelas dunia,”katanya.

Berbagai atraksi budaya yang ditampilkan sangat menraik, mulai dari pertunjukan perang -perangan, tarian kolosal lokal, tradisi bakar batu dan berbagai atraksi budaya lainnya sangat sangat luar biasa, dengan adanya even ini tentu akan menarik banyak wisatawan. (VIN/AW)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top