Karnaval Budaya Kabupaten Jayawijaya “Lestarikan Cenderawasihku”

Wamena - Masih dalam rangkaian Festival Budaya Lembah Baliem ke 32, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mengadakan Acara Karnaval Budaya dengan tema “Lestarikan Cenderawasihku”,Sabtu (10/08/24).

Pembukaan Start Karnaval Budaya oleh Bapak PJ Gubernur Papua Pegunungan, Bapak Velix Vernando Wanggai bersama istri serta , PJ Bupati Jayawijaya Thony M.Mayor bersama istri dan seluruh Forkopimda Kabupaten Jayawijaya.

Foto : Agris Wistrijaya

Dalam Sambutanyya, PJ Bupati Jayawijaya Thony M.Mayor,S.Pd,MM memberikan Apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras untuk kesuksesan rangkaian kegiatan FBLB sampai dengan hari ke Empat Kegiatan Karnaval Budaya.

“Kerja keras yang lakukan pada Acara Karnaval ini akan memberikan dampak yang besar bagi peningkatan dunia pariwisata, serta pelestarian budaya dan adat istiadat masing-masing” ungkap PJ Bupati.

Dikatakannya bahwa penyelenggaraan karnaval tahun ini agak berbeda, dibandingkan dengan karnaval pada tahun-tahun sebelumnya, seperti pengurangan jumlah anggota peserta karnaval maksimal 60 orang.

Serta para peserta tidak diperkenankan menggunakan aksesoris asli burung cenderawasih, tetapi dapat membuat ikon burung cenderawasih dari karton, gabus dan bahan lainnya, untuk dijadikan aksesoris.

Salah satu peserta dari Kategori Sekolah Dasar di Kabupaten Jayawijaya saat mengikuti Karnaval Budaya dengan memainkan Drum band.

Foto : Agris Wistrijaya

Selain itu, setiap peserta dianjurkan menggunakan pakaian adat sesuai dengan suku masing-masing, sebagai bukti kecintaan terhadap budaya dan adat nenek moyang kita.

“Hal ini saya pandang sangatlah bagus, dan perlu untuk dilaksanakan, agar kita dapat menjaga dan melestarikan warisan leluhur kita, termasuk juga melindungi burung cenderawasih yang sudah mulai langka keberadaannya di hutan, akibat diburu dan ditangkap, untuk dapat dijadikan aksesoris” ungkapnya.

PJ Bupati Jayawijaya juga mengajak kepada peserta karnaval, dan seluruh masyarakat kabupaten jayawijaya, untuk bersama-sama mendukung program Pemerintah dalam melestarikan cenderawasih, serta menanam rasa cinta akan budaya dan adat istiadat warisan leluhur kita sejak usia dini.

Bapak PJ Gubernur Papua Pegunungan, Bapak Velix Vernando Wanggai bersama istri serta , PJ Bupati Jayawijaya Thony M.Mayor bersama istri saat berfoto dengan Kerukunan Adat Kalimantan.

Foto : Agris Wistrijaya

Pada Kesempatan itu juga, PJ Bupati Jayawijaya berpesan kepada semua yang hadir untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar, terutama menjelang Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Di Kesempatan yang sama PJ Gubernur Papua Pegunungan, Bapak Velix Vernando Wanggai, juga hadir bersama Istri dan juga memberikan arahan serta membuka secara resmi karnaval budaya dengan Tema  “lestarikan cenderawasihku” tahun 2024. (AgW/AW)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top