Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan : Satu Keluarga 10 Kg

Wamena - Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan Mengadakan kegiatan Launching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahun 2024 kepada 8 Kabupaten di depan Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (23/02/24).

Dalam kegiatan tersebut hadir Pj. Gubernur Papua Pegunungan Dr. Velix Wanggai, S.I.P, M.P.A, Pj. Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, S.E, M.M, Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Wibowo, S.IK, Dandim 1702 Letkol Cpn Athenius Murip.S.H.,M.H, Kepala Kantor Bulog Cabang Wamena Stevanus Kurniawan, dan Para Pimpinan OPD di Lingkungan Provinsi Papua Pegunungan dan Kabupaten Jayawijaya.

Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahun 2024 kepada 8 Kabupaten di depan Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan

Foto : Agris Wistrijaya

Pj. Gubernur Papua Pegunungan Dr. Velix Wanggai, S.I.P, M.P.A dalam sambutannya menyampaikan bahwa program penyaluran bantuan pangan merupakan bagian yang langsung menyentuh dengan masyarakat.

“Program bantuan cadangan Beras ini sangat bermanfaat bagi kita semua dalam rangka bantuan Pangan untuk masyarakat, ini adalah bukti kehadiran Negara melalui Pemerintah untuk langsung menyentuh setiap masyarakat atau Kepala Keluarga penerima bantuan” ungkap Pj. Gubernur Papua Pegunungan.

Dengan semakin tinggi harga beras saat ini, Pj. Gubernur Provinsi Papua Pegunungan mengungkapkan bahwa Pemerintah semakin gencar untuk menyampaikan bantuan pangan, bantuan sosial dan Operasi Pasar dan juga pengendalian bagaimana mendorong agar musim tanam lebih baik dan tepat waktu.

“Program ini juga bermanfaat agar ada upaya dari Pemerintah untuk bisa mengontrol harga, sehingga dapat menekan harga dipasar” ungkap Beliau.

Pj. Gubernur juga mendorong agar masyarakat dapat meningkatkan potensi untuk menanam Padi atau mengelola bahan pangan lainnya.

Pj. Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, S.E, M.M saat menyerahkan bantuan pangan beras kepada penerima bantuan

Foto : Agris Wistrijaya

Selain itu, Pj. Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Pj. Bupati Jayawijaya dalam mendorong kebijakan satu Distrik satu Hektar, sehingga dapat mendorong Kabupaten lain untuk meningkatkan potensi pangan di masing-masing Kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan.

Pada Kesempatan itu, Kepala Bulog Cabang Wamena Stevanus Kurniawan juga menjelaskan bahwa Perum Bulog di tugaskan untuk menyalurkan beras bantuan pangan  kepada 22.004.077 keluarga penerima bantuan pangan untuk 6 bulan alokasi. Dimana setiap penerima bantuan pangan menerima 10 kilo gram. Untuk Provinsi Papua Pegunungan jumlah penerima bantuan sebanyak 233.779 keluarga atau setara setiap bulannya sekitar 2.337 ton yang harus di siapkan. Untuk Kabupaten Jayawijaya Jumlah Penerima Bantuan Pangan sebanyak 38.825 Keluarga, Kabupaten Lanny Jaya sebanyak 40.228 Keluarga, Kabupaten Mamberamo Tengah sebanyak 11.732 Keluarga, Kabupaten Tolikara sebanyak 36.957 Keluarga, Kabupaten Yalimo sebanyak 13.111 Keluarga, Kabupaten Nduga sebanyak 27.261 Keluarga, Kabupaten Yahukimo sebanyak 47.512 Keluarga, dan Kabupaten Pegunungan Bintang sebanyak 18.153 Keluarga.

“Program penyaluran bantuan pangan ini selain untuk membantu keluarga yang kurang mampu, bantuan ini juga berdampak pada pengendalian Inflansi Daerah dengan menekan laju kenaikan harga beras yang ada” ungkap Stevanus Kurniawan.

“Dengan adanya bantuan pangan ini diharapkan dapat  mengurangi permintaan  beras ke pasar” ungkapnya.

Launching Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahun 2024 perdana di Kabupaten Jayawijaya di Distrik Wouma dan Wesaput

Foto : Agris Wistrijaya

Dalam launching Perdana tersebut penerima Bantuan Pangan didistribusikan ke Kabupaten Jayawijaya meliputi Distrik Wouma sebanyak 8 ton dan Distrik Wesaput sebanyak 20 ton 690 KG.

Kepala Bulog Cabang Wamena juga menyampaikan bahwa Untuk penyaluran 5 Kabupaten dilayani oleh Kantor Bulog Cabang Wamena yakni Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah dan Kabupaten Yalimo, sedangkan untuk Kabupaten Nduga dilayani oleh Kantor Bulog Cabang Timika, kemudian Kabupaten Yahukimo dari Kantor Bulog Cabang Merauke, dan Kabupaten Pegunungan Bintang dari Kantor Bulog Wilayah Jayapura. (AgW/AW)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top