PJ Bupati Jayawijaya Memberikan Contoh Dan Motivasi Kepada Wirausaha Usia Muda Orang Asli Papua

Wamena - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, melalui Dinas Olahraga & Pemuda usai melakukan kegiatan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula Tahun 2024 yang dilaksanakan dari tanggal 24-26 September 2024, kemudian penyerahan modal awal kepada wirausaha muda-mudi OAP yang menjadi peserta kegiatan dan kemudian diserahkan dan menutup kegiatan secara resmi oleh PJ Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor, S.Pd., MM, Kamis (26/09/24).

PJ Bupati Jayawijaya Memberikan Contoh Dan Motivasi Kepada Wirausaha Usia Muda Orang Asli Papua

Foto : Brian Windesi

Dalam sambutan PJ Bupati Jayawijaya, Thony Matius Mayor  memberikan motivasi dan contoh kepada semua peserta yang hadir dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula tahun 2024. Tutur beliau “Kita dengar akhir akhir ini, selalu saya juga katakan kita Kabupaten Jayawijaya ini masuk dalam kategori Miskin Ekstrim, dan selalu saya membantah kata miskin, kita orang papua, siapa yang bilang kita miskin? Kita ini kaya akan potensi, yang kita miskin itu, kita masih kurang akan pendidikan, pengetahuan, itu yang dibilang kita miskin, tidak bisa mengolah sumber daya alam di lingkungan kita. Orang yang miskin itu tidak punya tanah, tidak punya tempat untuk berkebun, tidak punya tempat untuk usaha, tetapi kenyataan kita masuk dalam kategori miskin, nah... untuk itu, berbagai persoalan yang kita hadapi di Kabupaten Jayawijaya. Kita Pemerintah Programkan kegiatan-kegiatan yang bagaimana mengantisipasi hal ini, salah satu pelatihan dari Dinas Olahraga & Pemuda untuk membantu kita punya para masyarakat terutama kaum muda-mudi yang ada di Kabupaten Jayawijaya ini untuk membekali mereka dengan pengetahuan. Kita generasi muda, walaupun kita sudah berpendidikan secara formal, tetapi kalau kita lihat keadaan ini, kita masih harus perlu diisi dengan keterampilan-keterampilan, apalagi dalam bidang wiraswasta. Kita selama ini hanya maunya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kalau Pegawai Negeri Sipil itu 30 hari baru dapat uang, tapi kalau wiraswasta setiap saat kita dapat uang. Oleh sebab itu kita butuh pengetahuan dan kita belajar dimana saja.

Zaman sekarang sudah di permudah karena ada dana otsus untuk membantu memberikan modal untuk usaha, tetapi kalau waktu yang lalu, sangat susah sehingga kita secara mandiri berusaha untuk melihat peluang. Jadi untuk kaum muda mudi, harus melihat peluang usaha, kenapa orang dari luar bisa baru kita tidak bisa. Kita juga memiliki kendala dalam usaha yaitu dari faktor keluarga, ketika kita sudah mulai usaha kios, karena malu hati sama keluarga datang, kita buka kios dari pagi sampe sore saja, itu membuat usaha kita tidak berjalan lancar. Hal ini kita harus belajar, kita harus isi pengetahuan, untuk membedakan mana bisnis dan mana kekeluargaan. Jadi jangan pemerintah kasih modal, selama ini pemerintah ada memberikan bantuan modal dari Dinas Olahraga & Pemuda, dari Dinas PTSP, Dinas Tenaga Kerja & Perindustrian, namun ada usaha yang jalan dan ada usaha yang macet. Namun kami mengapresiasi bagi kita punya anak-anak yang sekarang ini, ada yang sudah punya Bengkel yang sudah berkembang, dan ada yang sudah punya kios. Semua ini sudah mempunyai pengetahuan, kita semua bisa terlebih dari itu kita semua manusia, Tuhan sudah memberikan kita masing-masing Hikmat, kita dapat melihat waktu orang tua kita zaman dulu, mereka mendapat hikmat dari Tuhan sehingga orang tua zaman dulu dapat menjaga kita dan melindungi kita hingga kita bisa diantar ke sekolah, kita bisa di didik hingga kita bisa ada sampai saat ini. Orang tua bisa melakukan semua itu, apalagi dengan kita yang saat ini sudah diisi dengan pengetahuan, Kita pasti bisa.

PJ BUPATI JAYAWIJAYA Menyerahkan Bantuan Modal Kepada perwakilan Wirausaha Muda OAP usai menutup kegiatan secara resmi.

Foto : Brian Windesi

Usai kegiatan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula Tahun 2024, “Kegiatan Pelatihan wirausaha muda pemula ini, kegiatan gelombang ke III yang kami sudah mulai dari tahun 2022 hingga tahun 2024, pencapaian total peserta yang turut serta dalam kegiatan ini sudah mencapai kurang lebih 100 peserta, asal peserta dari berbagai distrik di Kabupaten Jayawijaya, dan memang belum menjangkau 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya, kegiatan ini juga akan tetap berlanjut sehingga bisa menjangkau 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya, sehingga kami berharap, apa yang dilakukan pemerintah ini bisa memberikan stimulans. Sesuai dengan motivasi yang di berikan oleh bapak PJ Bupati Jayawijaya. Dan juga kepada semua peserta yang mengikuti kegiatan ini boleh termotivasi untuk mengembangkan kreatifitas. Kegiatan ini bersumber dari dana Otsus, sehingga peserta yang dilibatkan adalah 100% Orang Asli Papua (OAP). Dan nilai bantuan sebagai modal kepada setiap peserta yaitu berjumlah 23.500.000 Juta dan langsung diserahkan secara simbolis oleh PJ Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor,S.Pd., MM, memang kalau kita lihat dari permodalan, hal ini memang sangat kecil, tetapi kami berharap ini menjadi motivasi buat muda mudi untuk memulai merintis dalam bidang kewirausahaan” Ungkap Kadis Dispora Kab.Jayawijaya Fatah Yasin (BW/FE).

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top