Ini Bocoran Beberapa Agenda Penting Wapres RI Ke Wamena - Papua Pegunungan

WAMENA - Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H.Ma’ruf Amin dijadwalkan akan mengunjungi Wamena Ibu Kota Provinsi Papua Pegunungan pada Rabu 5 Juni 2024, setelah menyelesaikan kunjungan kerjanya di Merauke - Provinsi Papua Selatan.

Dalam kunjungan pertama kalinya ini Wapres dijadwalkan akan melakukan sejumlah agenda penting di Ibu Kota Provinsi baru ini, salah satunya yakni pencanangan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

“Beberapa hal pertama yakni Wakil Presiden akan laksanakan pencanangan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan dan Pembangunan Centra Sarana Pra Sarana di KIPP. Pencanangan Pembangunan Gedung VIP Bandara Wamena, pencanangan pembangunan Trans Papua Segmen Jalan Elelim - Benawa sepanjang 50 kilo meter dengan skema KPBU, pihak swasta yang akan membangun dalam hal ini BUMN dan Pemerintah mencicil pembiayaannya, ” ungkap Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA, kepada media pada Selasa (04/06/2024).

Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA, Penjabar Gubernur Provinsi Papua Pegunungan

Foto : Agris Wistrijaya

Pembangunan dengan Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP) merupakan skema pembiayaan infrastruktur, hal ini pertama dilakukan di Tanah Papua.

Selain itu juga kata Pj. gubernur, Wapres juga akan melakukan pencanangan Kawasan Centra Pangan yakni di Jayawijaya, Yahukimo, Yalimo dan terakhir adalah Pencanangan Listrik Kabupaten Lanny Jaya dari 12 jam menjadi 24 jam.

Ia juga mengatakan, dana untuk semua kegiatan pembangunan ini telah tersedia di tahun 2024, dan dilakukan pencanangan oleh Wakil Presiden sehingga sudah bisa memulai proses pembangunannya.

“Beliau (Wapres) juga akan menyapa anak-anak bola dari Welesi dan Wouma, melihat potensi ekonomi kreatif seperti kopi dan lainnya, dan beliau juga akan melihat Noken Street Fashion, saya pikir ini dari sisi ekonomi kreatif,” terangnya.

Kunjungan Wapres ini diperkirakan akan menghabiskan waktu selama dua jam di Wamena dan kemudian akan melanjutkan perjalanan kerjanya ke Sorong-Provinsi Papua Barat Daya.

“Memang kehadiran beliau (Wapres) singkat, tetapi singkat atau lamanya sebuah kunjungan itu tidak berarti, yang penting adalah kehadiran beliau memberi spririt bagi kami, dan kehadiran ini akan memberi pesan kepada beliau dalam berbagai rapat-rapat kabinet, rakor-rakor lintas menteri yang beliau pimpin. Nantinya beliau bisa memberikan arahan-arahan bahwa ketika di Wamena saya menemui  situasi seperti begini, melihat potensi, dan lainnya,” tuturnya.

Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA juga mengatakan, kehadiran Wapres tidak hanya untuk melihat perkembangan kesiapan KIPP, tetapi juga kehadiran Wapres untuk melihat Provinsi Papua Pegunungan dengan 8 Kabupaten, dimana ada aspek konektifitas, sumber daya alam pertanian, ekonomi kreatif, budaya dan olahraga.

Selain memiliki peran sebagai Wakil Kepala Pemerintahan Wapres juga sebagai ‘Orang Tua Kita’, dan sebagai Kepala Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Papua, serta sebagai tokoh agama yang plural.

Kehadiran Wapres memberi harapan dan penguatan bagi pemerintah Papua Pegunungan dan masyarakat, bahwa pemimpin negara hadir agar bisa melihat secara real bagaimana situasi alam, masyarakat, potensi alam dan sumber daya manusia di daerah ini.

“Saya pikir kita harus memaknai kehadiran beliau dengan perspektif yang luas bahwa DOB hadir untuk kedepan bisa menggarap banyak potensi yang tersedia,” pungkasnya. (VIN/FE)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top