Pekan Depan Pembangunan RS Pratama di Asoligaima Dikerjakan

WAMENA - Warga pemilik hak ulayat di daerah Kimbim Distrik Asologaima resmi menyerahkan tanah seluas tiga hektar kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama.

Penyerahan tanah untuk pembangunan rumah sakit ini dilakukan langsung oleh Julius Walela pemilik hak ulayat kepada Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE., M.Si, dihadapan para tua-tua adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, ketua LMA, tokoh pemuda dan perwakilan masyarakat pemilik hak ulayat.

Diperkirakan mulai pekan depan pembangunan rumah sakit akan mulai dikerjakan.

“Tanah yang di samping sekolah ini pemilik ulayat sudah di serahkan, dan sudah diukur. Bahkan kita sudah lelang. Konsultan dan kontraktor akan mulai bekerja, karena lokasi yang ditunjuk hari ini sudah tidak ada masalah,” ungkap Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE.,M.Si, Kamis (11/08/2022).

Cap : Julius Walela pemilik hak ulayat saat menyerahkan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama kepada Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE., M.Si

Foto : Vina Rumbewas

Jhon Richard Banua, SE., M.Si berharap, setelah penyerahan tanah oleh pemilik hak ulayat dan pengukuran lokasi, kedepan saat pengerjaan pembangunan rumah sakit tidak bermasalah.

“Jangka waktu pengerjaan sesuai dengan jangka waktu yang ada di dalam nilai kontrak. Ini bukan pekerjaan multi years, mudah-mudahan pekerjaan ini bisa selesai sesuai waktunya,” kata Bupati.

Bupati juga menambahkan pembangunan rumah sakit ini mulai dari pengerjaan awal hingga nantinya rumah sakit tersebut beroperasi tentu akan memberdayakan masyarakat setempat, terutama pemilik hak ulayat.

“Tentu harus ada keterlibatan masyarakat setempat, mulai dari tenaga medisnya, administrasi, hingga cleaning servis masyarakat di sini harus diutamakan, kecuali tenaga-tenaga profesi yang tidak ada di sini maka tentu kita harus masukan dari luar,”.

Menurut Bupati, dengan dibangunnya rumah sakit pratama ini nantinya akan sangat membantu mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat dibeberapa Distrik sekitar seperti Distrik Wame, Piramid, Bolakme, Muliama, dan Distrik Asologaima sendiri.

Sementara itu, Julius Walela, pemilik hak ulayat berterimakasih dengan rencana Pemerintah untuk membangun rumah sakit di wilayah Kimbim ini, namun dirinya berharap mulai dari pengerjaan pembangunan hingga nantinya rumah sakit tersebut beroperasi dapat memberdayakan masyarak terutama para pemuda di wilayahnya.

“Pemuda-pemudi di daerah kami ini sementara sedang bersekolah, kami berharap kedepan mereka bisa diterima untuk kerja di rumah sakit ini. Kami juga berharap nantinya saat kontraktor yang akan melakukan pembangunan diharapkan dapat menggunakan anak-anak pemuda pemilik hak ulayat untuk bekerja,” pungkasnya. (VIN/HA)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top