Pembukaan Mini Festival Budaya Lembah Baliem Tahun 2022

Wamena - Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE., M.Si membuka Mini Festival Budaya Lembah Baliem yang dilaksanakan di Distrik Usilimo, senin (08/08/2022).

Bupati Jayawijaya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Jayawijaya dan selamat menyaksikan Mini FBLB tahun 2022 kepada wisatawan lokal dan manca negara yang hadir dalam pembukaan mini FBLB. Wisatawan mancanegara yang hadir sebagian besar berasal dari Benua Eropa yang sudah berkesempatan datang untuk menyaksikan mini FBLB.

Cap : Bupati Jayawijaya Saat Membuka Mini Festival Budaya Lembah Baliem Di Distrik Usilimo

Foto : Agris Wistrijaya

Pada sambutannya, Bupati Jayawijaya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan setiap tahun, namun pada tahun 2020 dan tahun 2021 tidak dapat dilaksanakan karena adanya Covid 19 yang melanda seluruh Dunia hingga Kabupaten Jayawijaya.

Lanjut dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa Untuk tahun ini Pemerintah menyelenggarakan kegiatan Festival mini atas dasar ide dari 10 Kelompok Objek Wisata di Kabupaten Jayawijaya yang ingin melaksanakan kembali Festival Budaya Lembah Baliem dalam bentuk Mini Festival. Untuk itu pada akhirnya Pemerintah Daerah menyetujui dan memfasilitasi Kegiatan festival ini yang dikoordinir oleh 10 Kelompok Objek Wisata.

Cap : Bupati Jayawijaya Bersama Wakil Bupati Jayawijaya, Dandim 1706 Dan Kapolres Jayawijaya Saat Melakukan Panahan Yang Merupakan Bagian Dari Kegiatan Mini FBLB 2022.

Foto : Agris Wistrijaya

Tujuan pelaksanaan mini Festival Budaya Lembah Baliem ini adalah untuk membina dan melestarikan adat dan budaya tradisional Suku Dani sebagai ciri khas masyarakat di wilayah Pegunungan Tengah Papua. Berbagai atraksi budaya akan ditampilkan dalam mini FBLB tahun ini yang dipersembahkan oleh 10 Kelompok Objek Wisata serta diikuti oleh beberapa Distrik di Kabupaten Jayawijaya.

Kegiatan ini juga akan diikuti oleh Putri Papua dan grup-grup band etnik serta menyajikan pasar murah bagi pengunjung. Oleh sebab itu Bupati mengharapkan kepada panitia untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta maupun pengunjung sehingga dapat terciptanya  suasana aman pada saat berjalannya mini festival ini.

Cap : Bupati Jayawijaya Bersama Ibu Bupati Jayawijaya, Wakil Bupati Jayawijaya, Dandim 1706, Dan Kapolres Jayawijaya Saat Melihat Dan Mencoba Pameran Dari Kelompok 10 Obyek Wisata.

Foto: Agris Wistrijaya

Cap : Bupati  Jayawijaya Dan Ibu Bupati Jayawijaya Melakukan Foto Bersama Dengan Putri-Putri Papua.

Foto : Agris Wistrijaya

Bupati juga mengharapkan kepada peserta untuk menampilkan yang terbaik bagi para penonton  yang datang, sehingga para wisatawan dapat mengenal Budaya Lembah Baliem dan menjadi Daya tarik tersendiri untuk kembali lagi berkunjung pada waktu-waktu selanjutnya.

Pada kesempatan ini juga Bupati mengajak pengunjung untuk memahami bahwa sektor parawisata merupakan salah satu sektor industri yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi para pengelola Obyek Wisata, dampak positif dari pengelola obyek-obyek wisata secara baik di daerah ini dan akan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Untuk itu harus ada jaminan keamanan pada wilayah obyek wisata, karena maju tidaknya pengelola parawisata sangat ditentukan oleh kondisi keamanan yang kondusif.

Bupati juga mengharapkan agar semua masyarakat bersama-sama menjaga keamanan selama pelaksanaan event FBLB, baik dari pihak penyelenggara, peserta, maupun para pengunjung dan khususnya bagi masyarakat Jayawijaya wajib menjaga keamanan daerah ini dan harus berusaha meminimalisir konflik yang akan menimbulkan suasana ricuh dan perasaan tidak aman. (AW/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top