Sekda : IKKB Harus Senantiasa Menjaga Kerukunan dan Keharmonisan di Kabupaten Jayawijaya

WAMENA - Mempersatukan elemen-elemen suku dan kearifan lokal yang ada di Jayawijaya merupakan Salah satu dari beberapa program prioritas Ikatan Keluarga Batak Jayawijaya (IKKB).

Hal ini disampaikan Ketua IKBJ Godlief Sihombing di sela-sela pelantikan Ikatan Keluarga Batak Jayawijaya periode 2022-2027, pada Sabtu (19/03/2022).

Cap : Sekda Jayawijaya Thony M Mayor, S.Pd, MM saat dipasangkan Ulos oleh tua-tua adat suku Batak di Jayawijaya

Foto : Vina Rumbewas

“Selain melanjutkan program sebelumnya lebih daripada itu adalah pendekatan yang dilakukan bagaimana mempersatukan elemen-elemen suku yang ada di Jayawijaya, pariban-pariban yang ada, dan kearifan lokal di Jayawijaya,” ungkapnya.

Menurutnya suku Batak yang merantau di Jayawijaya tentu menjunjung tinggi nilai-nilai leluhurnya, namun tentu juga menjunjung kearifan lokal yang ada di tempat keberadaannya saat ini.

Selesai pelantikan dilanjutkan dengan kolaborasi dua budaya yaitu budaya Batak dan budaya yang ada di Wamena lebih umum budaya Papua untuk memperlihatkan kehidupan berdampingan.

“Kita juga tetap akan memperkenalkan Budaya Papua kepada anak-anak dan Cucu kita, selain budaya kami, sehingga kearifan lokal yang ada di Papua ini juga tetap terjaga baik dari dalam sendiri maupun kami masyarakat IKBJ yang ada,”jelasnya

Pendiri IKBJ Deli Nainggolan mengharapkan kepada pengurus baru agar dapat bekerja keras untuk menyatukan semua warga Batak yang ada di Jayawijaya dan sekitarnya.

“Semoga pengurus yang baru ini dapat merangkul semua keluarga Batak di Jayawijaya dan mengkolaborasikan budaya Batak dengan budaya lokal,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Jayawijaya Thony M Mayor, S.Pd, MM menyampaikan rasa bangga dengan masyarakat Batak di Jayawijaya yang senantiasa dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan  diantara sesama masyarakat Batak maupun dengan seluruh masyarakat Jayawijaya.

“Ini merupakan salah satu modal kesuksesan melaksanakan pembangunan di Jayawijaya, saya berharap dewan pengurus yang baru dapat tetap menjaga dan mempererat hubungan silahturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik dan IKBJ dapat terus berkontribusi dalam mendukung berbagai program pemerintah Kabupaten Jayawijaya,” tuturnya. (Vin/HA)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top