Pentingnya Mengedukasi Petani Lokal Untuk Tingkatkan Beragam Tanaman Pangan

WAMENA – Miliki lahan tidur yang luas, Bupati Jayawijaya minta dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian Perkebunan dan Tanaman Pangan untuk maksimalkan dukungan melalui edukasi bagi warga Jayawijaya yang selama ini membuka lahan perkebunan dengan cara-cara tradisional.

“Kita harus memberikan semangat dan motovasi tidak hanya kepada mama-mama janda disini tapi semua kelompok-kelompok tani yang mau membuka kebun, kita berikan dukungan melalui edukasi kepada para petani,” ungkap Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE,M.Si usai memanen ubi jalar milik kelompok tani mama-mama janda di Kampung Kilubaga Distrik Libarek baru-baru ini.

Menurutnya, dengan memberikan edukasi tentang pertanian tentu akan menambah pengetahuan para petani tradisional, dengan begitu lahan pertanian yang ada dapat lebih dimaksimalkan dengan beragam tanaman pangan.

Dalam kunjungannya di setiap distrik, Bupati Jayawijaya juga mengajak pimpinan OPD di lingkungan pemda Jayawijaya serta perwakilan anggota legislative Jayawijaya, dengan tujuan agar dapat mendengar langsung masukan dan keluhan warga, sehingga dapat ditindaklanjuti.

“Terimakasih untuk mama-mama janda yang sudah mengundang kita untuk memanen ubi, terimakasih juga karena mama-mama sudah berupaya membuka lahan kebun yang luas, tentu sangat bermanfaat apalagi dimasa pandemi ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani, Simon Marian, mengatakan kebun ubi jalar seluas satu setengah hektar itu merupakan hasil kerja keras mama-mama janda di kampungnya selama beberapa bulan terakhir.

“Kami juga punya ubi yang banyak tapi kami tidak punya babi untuk diberi makan, tapi terimaksih kepada pemda yang telah memberikan kami peralatan kebun, hewan ternak, bibit sayuran, dan bantuan dana. Namun uang bukan patokan, itu hanya penyemangat kerja untuk mama-mama,” katanya. (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top