Panen Ubi, Pemda Ajak Warga Berkebun

Wamena – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus memberikan perhatian dan motivasi kepada seluruh masyarakat Jayawijaya yang ada di 40 Distrik.

Bentuk perhatian dan motivasi yang diberikan pemerintah ialah dengan membeli hasil kebun dari lahan pertanian masyarakat dan juga menyalurkan bantuan hewan ternak anak babi kepada setiap kelompok tani yang benar-benar rajin bekerja.

Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Ricahard Banua, SE.M.Si, Selasa (28/7/2020) saat melakukan panen Ubi Jalar di Kampung Meagama Distrik Hubykosi menjelaskan, selain memberikan bantuan alat kerja dan bahan makanan kepada masyarakat kelompok tani, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya juga akan membeli hasil kebun masyarakat ketika dipanen, sekaligus pemerintah Jayawijaya akan menyerahkan bantuan ternak anak babi kepada kelompok tani yang ada di 40 Distrik Kabupaten Jayawijaya.

Menurutnya, kegiatan turun ke Distrik guna melihat masyarakat merupakan Komitmen dirinya sebagai Bupati Jayawijaya bersama Wakil Bupati Jayawijaya dalam rangka memberikan semangat dan Motivasi kepada seluruh masyarakat Jayawijaya untuk dapat kembali melakukan kegiatan berkebun.

“Ini komitment Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya untuk turun ke Distrik dan Kampung mengajak masyarakat kembali berkebun dan ini sesuai dengan Visi dan misi kita,” kata Bupati Banua.

Menurut Bupati, selama ini banyak masyarakat yang mengeluh terkait hasil penan kebun mereka akan dibawa kemana jika sudah dipanen.

Untuk hal itu, Bupati Banua mengakui sudah menjadi tugas dan tanggungjawab Pemerintah di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Jayawijaya untuk turun ke tengah-tengah masyarakat, dalam rangka melakukan panen raya sekaligus membeli hasil dari lahan perkebunan masyarakat.

Tujuannya, agar masyarakat tidak lagi bersusah payah untuk membawa hasil kebun mereka ke Pasar, karena pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan langsung membelinya dilahan perkebunan dan akan dikembalikan hasil panen masyarakat kepada masyarakat.

Agar dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan makan bagi masyarakat yang ada di tingkat Distrik dan Kampung, sehingga masyarakat dapat terpacu untuk semangat membuka lahan perkebunan yang baru.

Untuk penyaluran ternak Babi, Bupati Banua menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan langsung memberikan satu pasang ternak anak Babi kepada setiap kelompok Tani yang melakukan panen Ubi Jalar.

“Mulai hari ini kami turun ke lapangan, sekalian menyalurkan ternak babi kepada masyarakat yang lakukan panen Ubi Jalar,” kata Bupati Jayawijaya.

Jelas Bupati Banua, kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan terus berjalan dan tetap dilakukan di seluruh Wilayah 40 Distrik yang ada di Kabupaten Jayawijaya.(Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top