Pasien C-19 Terus Bertambah, Bupati Jayawijaya Minta Warga Waspadai OTG

WAMENA - Perlahan namun pasti, grafik angka penularan Covid-19 di Jayawijaya terus merangkak naik.

Hingga saat ini jumlah kumulatif penderita covid-19 di Jayawijaya telah mencapai 17 orang, 6 diantaranya berhasil sembuh, sedangkan  11 lainnya sementara menjalani perawatan.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE, M.Si yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Tim Covid-19 mengatakan, ke 11 orang pasien ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dari penularan lokal.

"Kami perlu ingatkan masyarakat kita untuk lebih waspada dengan penularan lokal dari OTG, karena 11 pasien ini semuanya merupakan OTG yang didapat dari penularan lokal, sesuai hasil swab setelah dikarantina," ungkap Bupati Banua, Sabtu (06/06/20)

Menurut Bupati Jayawijaya, meskipun akses masuk ke Jayawijaya telah ditutup sejak 26 Maret 2020 lalu namun penularan lokal terus terjadi.

Dengan bertambahnya pasien positif Covid ini pemerintah daerah akan melakukan rapid tes secara besar-besaran.

"Kami akan lakukan rapid tes secara besar-besaran di setiap kompleks di dalam kota, untuk mencari tahu sumber penularan lokal yang terjadi saat ini".

Pemerintah juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan agar disela-sela pelaksanaan sweeping juga sekaligus dilakukan rapid tes.

Berdasarkan data saat ini ada 68 orang dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Bupati Jayawijaya mengingatkan warga kota Wamena untuk patuh terhadap jam aktifitas yang telah ditentukan pemda, sementara pemda terus melakukan evaluasi.

"Masyarakat kita harus patuh aturan, dengan mengurangi aktifitas di luar rumah, tetap jaga jarak, cuci tangan, dan gunakan masker. Jika tidak maka resikonya penularan bisa lebih banyak lagi," pungkasnya. (Vin)

    top