Bupati Sambut 102 Pengungsi Korban Rusuh yang Kembali ke Wamena

WAMENA - Sebanyak 102 pengungsi kembali ke Wamena, setelah dilepas langsung Menkopolhukam Jendral (purn) Wiranto di Lanud  Silas Papare, Rabu (09/10).

Sebanyak 87 orang pengungsi yang tiba dengan penerbangan pertama pesawat milik TNI AU tiba di bandara Wamena pukul 11.00 WIT. Kedatangan pengungsi diterima langsung Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua yang didampingi Kapolres dan Damdim 1702/Jayawijaya.

Para pengungsi yang rumahnya hangus terbakar nantinya akan ditampung sementara di Gedung Tongkonan, sedangkan yang masih memiliki rumah akan kembali ke rumah masing-masing. Kembalinya para pengungsi ini akan diangkut dalam dua kali penerbangan menggunakan Hercules, dengan total keseluruhan 102 pengungsi.

"Kami akan terus berkordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini menkopolhukam, panglima TNI dan kapolri jika masih ada warga pengungsi yang ingin kembali ke Wamena agar dapat difasilitasi," ungkap Jhon Richard Banua Bupati Jayawijaya.

Pemerintah daerah bersama pemerintah pusat dalam hal ini kementrian PUPR juga akan berkoordinasi untuk segera membangun kembali rumah warga yang terdampak langsung rusuh Wamena beberapa waktu lalu.

"Pemerintah sudah siap dan segera membangunkan rumah warga 100 unit, juga akan dibantu kementrian sosial untuk tempat usaha warga yang ikut hamgus terbakar," bebernya. Banua menegaskan, pembangunan rumah bagi korban terdampak merupakan program prioritas yang segera akan dilakukan.

Dirinya meminta masyarakat yang telah kembali untuk tidak perlu merasa takut karena pemda melalui TNI/Polri menjamin keamanan di  Kabupaten  Jayawijaya. “Selaku pemerintah daerah saya menjamin keamanana warga baik pendatang maupun papua yang sama sama ingin membangun kota ini," pungkasnya. (Vin/RS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top