Wabup Minta Warga Buka Lahan Kebun Untuk Pengembangan Ubi Jalar

WAMENA  – Wakil Bupati Jayawijaya Marten Yogobi, SH, M.Hum mengajak masyarakat untuk membuka lahan perkebunan seluas-luasnya di setiap kampung.  Ia juga minta masyarakat untuk tidak melupakan makanan pokok dan kebutuhan protein hewani berupa ubi jalar dan daging babi. 

Masyarakat diharapkan tidak bergantung dengan bantuan pemerintah, berupa beras sejahtera yang rutin disalurkan setiap bulan. Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Jayawijaya, Marthen Yogobi, SH, M.Hum saat menyalurkan Beras Sejahtera (Rastra) di distrik Walaik dan Distrik napua, Rabu (27/3).

“Saya minta penyaluran rastra ini  jangan dijadikan sebagai jatah setiap keluarga dan menjadi ketergantungan, tapi hanya dijadikan sebagai makanan tambahan untuk memacu masyarakat lebih giat membuka lahan kebun yang lebih luas lagi,” ujarnya.

Menurutnya, kehidupan masyarakat di lembah Jayawijaya sejak dahulu kala bergantung pada kebun ubi dan ternak babi. “Dengan begitu akan mendorong masyarakat untuk tidak melupakan makanan tradisionalnya. Ia juga menilai dengan jatah rastra 15 Kg per kepala keluarga tentu tidak akan mencukupi kebutuhan pangan dalam sebulan. “Jadi beras tidak bisa dijadikan sebagai makanan pokok setiap hari, karena 15 kilo per KK bisa habis dalam waktu tiga atau empat hari. “Selebihnya mereka akan kembali ke makanan pokok kita yakni ubi,”paparnya. (Vin/JK) 

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top