Pemda Target November Jaringan Fiber Optic Sudah Bisa Dinikmati OPD

WAMENA - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya, Isak Sawaki mengatakan, diperkirakan pada akhir November 2018 seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemda Jayawijaya dapat menikmati jaringan fiber optic.

 

 

Menurutnya, saat ini pengerjaannya sementara berjalan, tahap pertama sudah dalam proses penggalian untuk jalur jaringan kabel ke masing-masing OPD.

Sehingga diperkirakan akhir Oktober pengerjaan sudah selesai dilakukan sehingga awal November mulai dilakukan instalasi sistem jaringannya. “Tadinya kita rencanakan untuk addendum, tetapi kalau itu dilakukan maka akan buat masalah baru, tetapi tidak addendum tetap jalan sesuai rencana yang sudah ada,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (05/10).

Diakuinya, selama ini ada sedikit kendala dalam hal perencanaan dan pelaksanaan instalansi perangkat, namun setelah dilakukan koordinasi kembali semua bisa teratasi, sehingga pada akhir September 2018 mulai dikerjakan. Ia juga menjelaskan nantinya kabel optic yang akan dipasang ini guna mengkoneksikan 24 OPD yang sudah direncanakan, dalam hal membantu setiap OPD baik dalam hal pelaporan maupun lainya secara elektronik.

“Jadi, peruntukannya seperti ke dinas kependudukan, pendidikan, keuangan dan juga sejumlah OPD di gedung Otonom,” katanya.

Sedangkan untuk jaringan ke Dinas Penanam Modal, Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMK-PTSP), kata dia, karena awal usulannya OPD tersebut masih berada di kawasan gedung otonom, setelah kantor DPMK-PTSP pindah maka nantinya akan menggunakan satelit bukan fiber optic.

Sementara itu, untuk bandwitchnya sendiri, lanjut Sawaki nantinya akan diatur setelah terkonek, karena rencana dikatakan dari kementerian kominfo setiap kabupaten diberi 10GB, sehingga kita akan imbangi 380 MB yang sekarang dilaksanakan Telkomsel.

“Kita juga berfikir selain untuk keperluan OPD, fiber optic ini nantinya juga akan dibebaskan kepada masyarakat entah itu diletakan di atas gedung otonom atau menara Wio Silimo nantinya,” pungkasnya. (Vin)

    top