Melalui Diklat Prajab, Peserta Diminta Dapat Menyesuaikan Diri Di OPD Masing-Masing

WAMENA  – Setelah dilaksanakan selama seminggu Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Non Honorer Angkatan I dan II dilingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya resmi di tutup Bupati Jayawijaya yang diwakili Asisten I Sekda Jayawijaya, Drs Tinggal Wusono M.AP, Rabu (21/02).

Dikatakan, pelaksanaan diklat prajabatan kali ini adalah formasi khusus dari kementerian, tetapi karena formasi dari awal pengangkatan dan penempatannya ditempatkan di daerah, maka pengangkatan CPNS ini diserahkan kepada daerah.

“Untuk pelaksanaan prajabatan ini sebenarnya ada beberapa tempat yang menjadi lokasi rujukan penempatan, meliputi dinas kesehatan yang mana petugasnya akan ditempatkan pada layanan-layanan puskesmas,” kata Wusono. Selain itu ada juga dari dinas pertanian yang nanti para petugasnya akan ditempatkan sebagai penyuluh. Sementara dari Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) akan ditempatkan di dinas keuangan,” kata Wusono lagi.

Ia berharap, dengan adanya diklat prajabatan kali ini para peserta secepatnya dapat menyesuaikan dengan pekerjaan di dinas masing-masing. “Pada prinsipnya peserta bukan orang baru, namun orang yang telah lama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah menjadi bagian dari tenaga honorer dan PTT sehingga dapat menyesuaikan diri secara cepat,” ujarnya.

Menurutnya, pembekalan yang diberikan kepada peserta masih terbatas, oleh karenanya para peserta dapat berusaha sendiri untuk mencari informasi sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, sehingga tidak menemui kendala dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jayawijaya, Hironimus Huby melaporkan, pelaksanaan diklat prajabatan diikuti 62 orang terdiri dari formasi khusus kementerian kesehatan 44 orang, dari dinas pertanian 13 orang dan dari keuangan STAN 5 orang. “Dari 62 peserta, 60 orang dinyatakan lulus,sementara 2 orang lainnya tidak lulus karena tidak ikut dalam pelaksanaan diklat prajabatan,” ujarnya.

“Bagi peserta yang lulus akan diberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kemenpan RI. “Dengan sertifikat ini para ASN yang masih berstatus CPNS dapat diusulkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS),” imbuhnya. (VR/JS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top