Kopi, Bawang Merah dan Cabai Tiga Komoditi Utama di Jayawijaya

Wamena  – Perhatian Pemerintah Pusat terhadap masyarakat petani melalui Kementrian Pertanian terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Bentuk keseriusan itu diwujudkan dengan mewajibkan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk memproduksi tiga komoditi pertanian yaitu kopi, bawang merah dan cabai.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya J.Hendri Tetelepta, mengatakan melalui perintah Menteri Pertanian yang tertuang dalam surat keputusan Nomor 830 tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya tidak masuk dalam program pangan Nasional.

"Padi, jagung dan kedelai sebagai Program Nasional diwajibkan bagi semua daerah untuk menanamnya, namun berdasarakan keputusan menteri pertanian, Kabupaten Jayawijaya hanya boleh menanam kopi, bawang merah dan cabai," kata Hendri saat ditemui di Kantor Bupati Kamis (14/9).
Dikatakan, pengembangan tiga komoditi tersebut oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah menyediakan bibit, dana dan peralatan. "Untuk pengadaan bibit kopi dananya sudah dianggarkan. “Sementara untuk bawang merah, tahun 2017 Dinas Pertanian mendapat bantuan dari provinsi Papua untuk pengembangan 50 haktare. “Untuk cabai penanamannya dilakukan secara sporadis, belum bisa di kawasan yang luas," katanya.

Menurutnya pengambangan tanaman kopi sudah dilakukan di 12 lokasi berbeda dan telah dianggarkan Rp 420 juta untuk belanja atau penyediaan bibit. "Khusus untuk lokasi lahan bawang merah yang merupakan program dari provinsi Papua akan dilakukan koordinasi dengan bidang teknis. “Pada intinya Kabupaten Jayawijaya siap untuk dijadikan sebagai tempat pengembangan bawang merah,” imbuhnya.

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top