Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara 15 Juta Tahun 2017, Perlu Disikapi Serius Dengan Program Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya

Wamena - Dengan ditetapkanya kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia Tahun 2017 sebesar 15 juta kunjungan wisatawan oleh Pemerintah Pusat yang disampaikan oleh Asisten Deputi Bidang Destinasi Wisata Budaya,  Lakot Ahmad Enda diruang kerjanya saat menerima kunjungan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya Kamis, 16 Maret 2017 kemarin.

Menurut Lakot, Kabupaten Jayawiaya sudah dikenal dengan Festival Budaya Lembah Baliem sejak lama dan merupakan kegiatan tahunan dan merupakan potensi yang bisa mendatangkan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara ke Kabupaten Jayawijaya, namun disadari pembangunan sarana dan prasana yang masih sangat terbatas untuk mendukung obyek wisata yang ada. Salah satunya contoh adalah data kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara selama ini pihaknya belum mendapatkan data-data yang akurat dari Kabupaten Jayawijaya.

 

Koordinasi bersama Kabid. Promosi Pameran Kementrian Pariwisata RI, Ibu Diana

 
“Saya katakana data-data kurang akurat karena, jika kita umpamakan saja, daya tampung penginapan di Kabupaten Jayawijaya dari sekitar 15 Hotel adalah 500 kamar, kita kalikan jumlah pengunjung yang mengisi full kamar hotel tersebut, berarti rata-rata 500 kamar di kali dua, hanya dapat menampung sekitar 1000 orang wisatawan”. Kata lakot bersemangat, “nah, belum lagi kita hitung kapasitas jumlah penumpang pada maskapai penerbangan, jadi dapat dipastikan jumlah pengunjung masih yang sangat terbatas. Jika dimungkinkan, Pak Kepala Dinas coba membuat laporan secara tertulis berdasarkan data-data yang dapat kami baca dengan baik” pintahnya.

 

Kadis Budpar Kab. Jayawijay Bersalaman Bersama Asdep. Bid. Destinasi Wisata Budaya, Lohot Ahmad Enda

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Drs. Alpius Wetipo menyatakan,”memang selama ini pertumbuhan dunia usaha pariwisata masih berjalan lambat, namun kami tetap berupaya kedepan, kami akan melengkapi semua kekurangan yang ada, dan diharapkan kami Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama stake holder lainnya akan bekerjasama lebih baik guna mendukung program Pemerintah khususnya dalam peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang dapat berkungjung ke Kabupaten Jayawijaya”.

Lanjut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, “Saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sedang melakukan penataan dan berbaikan beberapa infrastruktur Obyek Wisata dan Daya Tarik Wisata melalui program/kegiatan yang didanai melalui DAK Tahun 2017, yaitu Pembangunan Amenitas berupa perbaikan dan penambahan jumlah toilet, perbaikan taman dan pagar serta pembangunan lahan parker yang memadai”. Lanjut kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata, “besar harapan kami, kedepannya akan lebih banyak lagi peningkatan kulaitas sarana dan prasarana obyek wisata yang dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung”.

Sebagai penegasan Drs Alpius Wetipo menambahkan bahwa jumlah kunjungan arus wisatawan mancanagera dari Tahun 2015 hingga Tahun 2016 kemarin berjumlah kurang lebih 7000 pada saat pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem per Agustus 2016. (NAF)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top