Bertemu Irjen Kemendagri Pemkab Jayawijaya Diminta Tingkatkan capaian Imunisasi Polio

Jakarta - Pj. Bupati Jayawijaya Saat Bertemu Irjen Kemendagri Komjen Tomsi Thohir di Kantor Kementrian Dalam Negeri, Inspektur Jenderal Kementrian Dalam Negeri meminta agar Tingkat Capaian Imunisasi Polio di Kabupaten Jayawijaya dapat lebih ditingkatkan, Selasa (09/07/2024).

Penjabat Bupati Jayawijaya Bersama Inspektur Inspektorat Jayawijaya, Kabag Keuangan Sekda, Plt. Sekda, Kepala BPKAD dan Kepala BAPPEDA Jayawijaya

Foto : Imanuel Sawaki

Penjabat Bupati Thony M. Mayor,S.Pd.,MM  Mengatakan bahwa  Kementrian Dalam Negeri telah menekankan kepada Pemerintah Jayawijaya agar  fokus untuk meningkatkan angka imunisasi polio yang capaiannya masih sangat rendah, sehingga Pemerintah diminta mengintervensi agar pelaksanaannya dapat diselesaikan.

“Kami ditekankan untuk terus mendorong pelaksanaan PIN Polio yang saat ini sedang berjalan sebab pencapaian Jayawijaya sampai saat ini masih 5 persen, oleh karena itu kita Pemerintah diminta untuk intervensi terkait pemberian imunisasi ini,” Jelas Pj. Bupati.

Selain itu Penjabat Bupati juga menjelaskan bahwa memang  diperlukan penanganan khusus yang cepat, sebap sudah ada  kasus polio yang terdapat di Provinsi Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan, oleh karena itu Intervensi Pemerintah sangat diperlukan guna mengatasi penyebaran penyakit Polio yang menyerang anak-anak usia 0-10 Tahun.

“ini yang akan kita dorong melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada untuk segera bisa menyelesaikan imunisasi ini dan dipastikan semua anak -anak di Jayawijaya telah mendapatkan imunisasi Polio guna mengejar target nasional yang diberikan pada kita,” katanya.

Selain Itu Pj. Bupati juga mengingatkan  Dinas Kesehatan agar terus melakukan Imunisasi tersebut baik di Puskesmas, RSUD Wamena, Posyandu yang ada di Distrik kampung untuk dilakukan semuanya agar imunisasi polio ini bisa di selesaikan, sebab meskipun Papua yang lebih dulu menjalankan program ini dari pada daerah lain di Indonesia, namun untuk pencapaiannya masih kurang.

“Kita di Jayawijaya juga termasuk Daerah yang menjalankan imunisasi Polio lebih dulu mulai dari Tahap I dan kini sudah memasuki tahap II, namun untuk pencapaian dari target nasional masih sangat jauh,” tutupnya.

Selain Imunisasi Polio, Inspektur jenderal Kemendagri juga mengingatkan Pemerintah terkait dengan penanganan Penyakit TB Paru, sebab ini bagian dari virus yang penularannya cukup cepat sehingga diperlukan penanganan dari Pemerintah, disamping itu Penyakit yang membutuhkan perhatian Pemerintah juga terkait filariasis (Kaki Gajah).

“ada beberapa jenis penyakit yang diminta oleh inspektorat dalam menegri untuk diberikan perhatian oleh Pemerintah Daerah kepada Masyarakat, ini adalah atensi yang diberikan karena menjadi isu nasional,” kata Pj. Bupati. (IS/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top