NOKEN RAKSASA SIAP PECAHKAN REKOR MURI PADA FBLB 2019

WAMENA – Terkait pemberitaan beberapa media yang menyatakan bahwa noken raksasa yang akan ditampilkan pada pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) pada 7 Agustus nanti untuk memecahkan rekor Muri terancam batal ditampilkan, ditegaskan Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE,.M.Si,. bahwa hal tersebut tidaklah benar. Menurutnya, saat ini pengerjaan noken yang dirajut dari akar tumbuh-tumbuhan itu telah rampung seratus persen dan siap ditampilkan pada saat gladi digelar. Ungkap Bupati Banua, Rabu (31/7/2019) di Wamena.

Dirinya menyesalkan bemberitaan tersebut karena tidak mengkonfirmasi kebenarannya ke pihak pelaksana FBLB.

“Kita berbicara budaya jadi ada Noken Asli yang sudah disiapkan di hari pertama untuk mendapatkan Rekor MURI dan kalau ada noken yang lain tidak masalah, ”kata Bupati Banua.

Sementara itu, Ketua Event Organizer FBLB Ke-30, Atika Paramita memastikan, pergelaran noken asli terbesar tetap akan digelar pada pembukaan Pelaksanaan FBLB Ke-30 di Distrik Welesi Kabupaten Jayawijaya.

Diakui, Noken yang akan di gelar untuk mencetak Rekor MURI adalah Noken Asli yang ada di Distrik Kurulu Kampung Waga-Waga.

"Klau Rekor MURI itu adalah Noken asli dan bentuknya tas, dan menurut UNESCO noken itu kan tas tradisioanl, jadi itu yang akan kita tampilkan, ”ungkapnya.

Dijelaskan Atika, noken yang dianyam di Distrik Assotipo hanya pelengkap dalam pelaksanaan FBLB nanti.

Sedangkan yang masuk dalam kontrak panitia yang akan digelar untuk memecahkan rekor muri adalah noken asli yang dianyam pengrajin di Distrik Kurulu Kampung Waga-Waga.(Vin/RS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top