Ketua TP PKK Kabupaten Jayawijaya Lantik 40 Pengurus Tingkat Distrik

Mewakili pemerintah, Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo S.Sos, M.Si mengatakan TP PKK tingkat distrik merupakan perpanjangan tangan TP PKK tingkat kabupaten dan TP PKK tingkat distrik diharapkan nantinya dapat mengkoordinir pengurus tingkat kampung.

Mewakili pemerintah, Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo S.Sos, M.Si mengatakan TP PKK tingkat distrik merupakan perpanjangan tangan TP PKK tingkat kabupaten dan TP PKK tingkat distrik diharapkan nantinya dapat mengkoordinir pengurus tingkat kampung.

"Dengan semangat yang baru, dengan kepemimpinan bupati yang baru maka tugas TP PKK diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan berjenjang," ungkap Sekda Walilo, saat menghadiri pelantikan TP PKK tingjmkat distrik di kediaman bupati, Kamis (18/07/2019). Tambahnya, PKK merupakan organisasi wanita yang hadir untuk menopang keluarga dan tugas suami. Sehingga kesuksesan suami di tingkat kabupaten dan distrik juga ditentukan oleh isteri yang merupakan anggota PKK.

Sekda juga menyinggung terkait emansipasi wanita yang mana kini perannya tidak hanya ada digaris belakang (mengurus rumah) tetapi harus tampil mendukung suami. "Saya pesan, jangan anggap istri bertugas hanya mengurus anak dan rumah tapi berikan kesempatan kepada mereka untuk berorganisasi, karena istri merupakan penopang kita dalam menjalankan tugas baik di tingkat kabupaten maupun distrik," papar Sekda.

Pada kesempatan itu dirinya juga mengingatkan agar setiap program PKK di tingkat kampung dapat disinkronkan dengan dana kampung, karena telah dianggarkan. "Dalam dana kampung ada alokasi anggaran untuk pembinaan PKK, sehingga dana tersebut harus dimanfaatkan dan dikolaborasikan dengan program PKK baik tingkat kabupaten, distrik, maupun kampung," jelasnya. Dengan begitu lanjut sekda, TP PKK dan pemerintah daerah dapat membangun kerjasama dalam melaksanakan program sesuai harapan dan motto kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Jayawijaya Nyonya Yustina Yeni Banua S.Ip, M.Si mengatakan gerakan PKK adalah suatu gerakan pembangunan masyarakat,  keluarga sejahtera lahir dan batin karena kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi Organisasi ini juga untuk mengajak keluarga agar dapat menolong diri sendiri agar menjadi lebih sejahtera. "Program pokok PKK adalah program dalam memenuhi kebutuhan dasar dan terwujudnya kesejahteraan keluarga yang dikenal dengan 10 program pokok PKK," katanya. Menurutnya, keberadaan PKK dan Dasa Wisma menjadi penting dan strategis karena informasi yang diperlukan keluarga dapat disampaikan langsung oleh anggota PKK. "Kepada ketua PKK distrik yang baru agar menjalankan amanah dengan penuh tanggungjawab, demi mencapai tujuan akhir yakni keluarga indonesia yang sejahtera lahir dan batin," ungkapnya. Sehingga tambahnya, harus terus belajar dan pandai membawa diri.

Tidak hanya itu, para kepala distrik juga diharapkan dapat mendukung kegiatan PKK karena penilaian kinerja distrik dipengaruhi oleh keberhasilan PKK.  "Kepada para pimpinan OPD selaku mitra kerja dimohon dukungan dalam pelaksanaan program dan kegiatan PKK karena tanpa dukungan maka tujuan akhir kegiatan PKK mewujudkan keluarga sejahtera lahir batin tidak akan tercapai," pungkasnya. (Vin/RS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top