Di Wamena Harga Sayur Mayur Naik, Tapi Harga Sembako Tetap Stabil

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Semuel Munua, melalui Kabid Perdagangan, Arisman Chaniago.

“Komoditi strategis seperti sayuran dan bumbu dapur terpantau sampai hari ini  (kemarin) stabil hanya ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti bawang putih dan tomat,” ungkapnya kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/5).

Menurutnya, kenaikan harga ini dikarenakan sejumlah pedagang pemasok yang ada di Wamena juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan bawang putih, bawang merah dan tomat. “Hal lain yang mengakibatkan kenaikan harga sayur mayur dan bumbu dapur itu adalah telatnya kapal laut milik Pelni sebagai sarana pengangkut yang membawa bawang putih dan beberapa kebutuhan sembako lainnya baru akan tiba di Jayapura hari ini. “Setelah tiba di Jayapura, 1 atau 2 hari kemudian didistribusikan ke daerah-daerah termasuk di Kabupaten Jayawijaya,” kata Arisman.

“Dari operasi pasar yang digelar oleh Disperindagkop terutama di Pasar Wamena per 9/5, harga tomat yang semula Rp. 35 ribu/Kg naik menjadi Rp. 45/Kg, bawang merah sebelumnya Rp. 100 ribu/Kg naik menjadi Rp.110 ribu/Kg, sedangkan bawang putih dari Rp.100 ribu/Kg naik menjadi 140 ribu per kilo,” papar Arisman.

Lanjutnya, sesuai petunjuk Presiden melalui Kementrian Perdagangan agar meningkatkan frekuensi pemantauan kebutuhan pokok masyarakat selama bulan suci ramadhan. “Petunjuk Presiden itu ditindak lanjuti oleh Dinas Perindagkop Kabupaten Jayawijaya selaku instansi teknis untuk melakukan pemantauan setiap hari terhadap kebutuhan pokok masyarakat terutama sembako dan barang-barang lainnya yang memiliki nilai strategis,” tandasnya. (Vin/JK)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top