Mini Festival Budaya Lembah Baliem Siap Digelar Pada Bulan Agustus 2022

WAMENA - Dunia Pariwisata di Jayawijaya perlahan mulai menggeliat, pasca diterpa pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan.

Hal ini terlihat dari akan digelarnya Mini Festival Budaya Lembah Baliem pada bulan Agustus nanti.

Mini festival yang digagas pelaku seni dari 10 objek wisata yang ada di Jayawijaya ini, diharapkan dapat menjawab kerinduan wisatawan baik lokal maupun manca negara akan atraksi seni budaya di Lembah Baliem.

“Pemerintah hanya memfasilitasi, dan ide ini dari 10 kelompok objek wisata. Kami hanya dorong persiapan mereka untuk pelaksanaan mini festival,” ungkap Engelbertus Surabut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Minggu (12/06/2022).

Cap : Pagelaran Festival Budaya Lembah Baliem di Kota Wamena tahun 2019 lalu

Foto : Vina Rumbewas

Mini festival ini sendiri akan digelar selama tiga hari di Distrik Usilimo, yang merupakan lokasi lama tempat pelaksanaan pagelaran festival budaya lembah Baliem, sebelum dialihkan dilokasi baru di Distrik Welesi sejak tahun 2016 lalu.

Terdapat sepuluh kelompok seni dari sepuluh lokasi objek wisata yang akan tampil pada mini festival nanti, namun kata Engelbertus tidak dibatasi jika nantinya ada akan ada penambahan peserta dari kelompok seni lainnya.

“Mini festival ini akan berlangsung dari tangga 8 hingga 10 Agustus 2022, dalam mini festival ini akan menampilkan, atraksi perang-perangan, lomba panahan, lempar tombak, karapan babi, dan beberapa lomba lainnya,” Ungkapnya.

Ia berharap, dengan mini festival budaya Lembah Baliem  dapat menarik kembali minat wisatawan baik lokal maupun manca negara untuk kembali mengunjungi pariwisata Jayawijaya.

“Tahun depan kami akan laksanakan festival budaya, selama dua tahun ini tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19,” (VIN/HA).

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top