Sebagai Profesional, Guru Harus Dapat Menyusun Perangkat Mengajar

WAMENA- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayawijaya menggelar pelatihan kualitas guru pendidikan Agama Kristen Katholik melalui penyusunan perangkat mengajar, Rabu (25/10) di aula Kantor Agama Wamena.

“Pelatihan ini sangat berguna bagi guru untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan menulis sebuah perangkat mengajar yang dimulai dari menyusun program hingga ketuntasan minimal termasuk dapat membuat kisi-kisi,”jelas kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayawijaya Karel F Mambay SP M.PDK dalam arahannya saat menutup pelatihan ini.
Menurut Karel, apabila guru telah mengetahui penyusunan perangkat mengajar dengan baik maka guru tersebut bisa dikatakan sebagai guru professional sehingga harus disadari sebagai guru harus tetap belajar karena pengetahuan selalu berubah mengikuti perkembangan era dan zamannya.
“Pada ujian kompetensi menggunakan sistem komputerisasi namun masih banyak guru yang belum tahu menggunakan komputer sehingga dalam waktu dekat kementerian agama akan menjalankan sistem ini dan sesuai tuntutan pendidikan maka para guru harus siap,”jelasnya.
Lebih jauh, Karel menambahkan pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru sehingga guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tugasnya sebagai guru agama karena peserta didik harus diajarkan dan dibentuk moral serta budi pekertinya.
“Seorang guru harus memahami dan menguasai materi yang diajarkan dan sangat berharap ilmu yang didapat melalui pelatihan ini dapat diterapkan dengan baik serta dapat mengajar secara dinamis dan kreatif sehingga peserta didik dapat menjadi generasi yang baik namun yang terutama adalah takut akan Tuhan,”tandasnya. (day)

sumber: http://www.harianpagipapua.com

    top