Program Disusun Dalam Musrembang Harus Menyentuh Masyarakat

WAMENA – Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi SH,M.Hum mengingatkan para kepala distrik agar dalam pengusulan kegiatan kegiatan di tingkat distrik harus mengutamakan program yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

Hal ini disampaikannya dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Distrik Tagineri,Tagime, Bolakme, dan Molagalome, dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2023 Kabupaten Jayawijaya, yang berlangsung di Distrik Tagime, Sabtu (26/02/2022).

 Cap : Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Distrik Tagineri,Tagime, Bolakme, dan Molagalome, dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2023 Kabupaten Jayawijaya, yang berlangsung di Distrik Tagime

Foto : Vina Rumbewas

“Mari berikan usulan untuk wilayah dan daerah kita masing-masing, karena tidak ada orang lain yang dapat membangun daerah ini kecuali kita sendiri. Oleh karena itu susunlah perencanaan sebaik mungkin  dengan program yang bisa langsung menyentuh kepada masyarakat,” ungkap Marthin Yogobi.

Menurutnya kegiatan yang diusulkan masing-masing distrik tentu akan ditampung oleh Bappeda sesuai mekanisme.

Diakuinya memang tidak semua program dapat terakomodir disatu tahun anggaran karena keterbatasan anggaran, namun dirinya meminta masyarakat untuk tidak bosan mengusulkan kembali apa yang menjadi aspirasi masyarakat banyak.

“Karena anggaran kita terbatas, yang menjadi prioritas itu yang perlu didorong ke Bappeda agar diakomodir. Saya harap dalam musrenbang kali ini bisa menghasilkan program yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Wabup juga menyampaikan terimakasih kepada para kepala kampung dari empat distrik yang begitu antusias mengikuti dan ikut menyusun kegiatan dalam musrenbang tersebut.

“Disini juga ingin saya sampaikan bahwa program yang tidak bisa dijangkau oleh APBD Kabupaten sebenarnya bisa menggunakan alokasi dana kampung, sehingga bisa dikerjakan bersama-sama,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Distrik Tagime Rifka Jikwa S.STP berharap rencana kegiatan yang diusulkan oleh empat distrik dapat dimasukkan dalam perencanaan pembangunan daerah dan menjadi prioritas untuk dituntaskan secara bersama-sama dalam waktu lima tahun masa kepemimpinan bapak bupati dan wakil bupati saat ini.

“Dalam kesempatan ini saya dan tiga kepala distrik bersama masyarakat sangat mengapresiasi kehadiran wakil bupati beserta rombongan yang berkenan meluangkan waktu bersama kami dalam forum ini untuk bersama-sama mendengarkan usulan-usulan dan program yang merupakan aspirasi masyarakat dari empat distrik,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama dengan pemerintah sehati dan sepikir membangun daerah Jayawijaya, dengan membicarakan hal-hal penting dalam musrenbang untuk kepentingan bersama.

“Untuk tim bappeda agar dapat mengakomodir dan wujudkan suara-suara kecil yang sudah di sampaikan, saya juga percaya semua kepala OPD yang hadir saat ini akan wujudkan setiap usulan dan program kegiatan yang sudah disampaikan yang empat distrik usulkan,” pungkasnya.

Beberapa kegiatan yang diusulkan yakni pembangunan jembatan, pembangunan puskesmas dan pembangunan jaringan internet di distrik Tagineri, Pembangunan jaringan air bersih, pengembangan pertanian kopi, dan pembangunan jembatan kali Munak di distrik Bolakme, Pengadaan mobil ambulance, penambahan tenaga kesehatan, dan pembangunan rumah layak huni di distrik Tagime, Pembangunan jalan dan jembatan, dan pemasangan jaringan listrik di distrik Melagalome. (Vin/RS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top