Wamena Siap Gelar KirapĀ  Api PON XX Meriahkan PON Papua

 

WAMENA - Api Abadi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2021 dipastikan akan melintasi lima wilayah adat di Papua, dan Wamena-Jayawijaya dipercayakan mewakili wilayah Lapago. 

Kirab Api PON ini merupakan rangkaian gebyar PON ke-XX di Papua yang akan berlangsung pada 5 -15 Oktober 2021 nanti.  Panitia PB PON XX Bidang Upacara, Samuel Yabes Nenobais, kepada wartawan mengatakan terkait gelaran acara ini pihaknya terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah Jayawijaya.

Rapat persiapan Kirap Api PON XX yang digelar Panitia PB PON XX Papua 2021 bersama Pemda Jayawijaya
Foto : Vina Rumbewas

"Rencananya Kirap Api PON XX Papua tiba di Wamena pada 29 September mendatang, setelah datang akan dilakukan upacara penerimaan," ungkapnya usai timnya melakukan pertemuan bersama pemerintah Jayawijaya, yang berlangsung di Hotel Baliem Pilamo Wamena, Jumat (13/08/21).

Setibanya Api PON di Wamena, Pasukan Terbang akan menyerahkan obor ke Pasukan Inti yang dikoordinir oleh TNI/Polri, dimana pasukan inti akan berlari bersama beberapa atlet nasional yang berasal dari wilayah Lapago, yakni Ferinando Pahabol (Atlet Sepakbola), Benny Elopere (Atlet Tinju), Karoba (Atlet Dayung) dan Atlit Nasional Hendrawan Susanto (Atlet Bulutangkis).

“Para atlet pembawa Api PON nantinya akan berlari melintasi  beberapa monumen yang ada di Jayawijaya” katanya. Kegiatan gebyar kurap Api PON ini akan dipusatkan di halaman kantor pemerintah yakni gedung otonom Wene Hule Huby. Selain penyerahan Api PON XX, juga akan digelar festival seni dan budaya Papua.

"Festival seni dan Budaya ini untuk menampilkan kesenian budaya lokal, mulai dari kerajinan kuliner. Semua akan ditampilkan seniman lokal di Lapago. Gebyar ini untuk memperlihatkan kepada seluruh masyarakat di Indonesia jika PON Papua siap digelar" ujarnya.

Festival budaya yang dirangkai dalam gebyar kurap Api PON XX ini juga untuk makin memperkenalkan budaya Papua kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Sementara itu, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, M.Si mengatakan untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini pemda juga akan membentuk panitia lokal.

“Kami pemerintah Jayawijaya siap untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Kirap Api PON XX ini, ”ujarnya. Beberapa titik jalan yang akan dilalui Kirap Api PON XX di Wamena yakni jalan Trikora – Pattimura-Jalan Irian – Sinakma - jalan Yos  Sudarso dan Finis di halaman gedung Otonom Jayawijaya.  Vina (*)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top