Pemda Jayawijaya Siapkan 800 Dosis Vaksin Sinovac Selama Gebyar Vaksinasi Covid-19

Cap : Plt. Sekda Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, M.AP saat membuka Gebyar Vaksinasi Covid-19 di gedung Ukumiarek Asso. Foto : Vina Rumbewas 

Cap : Plt. Sekda Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, M.AP saat membuka Gebyar Vaksinasi Covid-19 di gedung Ukumiarek Asso. Foto : Vina Rumbewas l * Penulis: Vina Rumbewas

WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menyiapkan 800 dosis vaksinasi untuk melayani masyarakat Jayawijaya yang ingin mendapatkan layanan vaksin pada Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Jayawijaya yang digelar di gedung Ukumiarek Asso, Senin (28/06/21).

“Dalam satu hari kita siapkan vaksin sekitar 800 tapi harapan kami pesertanya bisa lebih banyak, karena pemerintah daerah harus mengejar target sasaran,” ungkap Pelaksana Tugas Sekda Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, M.AP usai membuka Gebyar Vaksinasi Covid-19.

Sementara ini, Jayawijaya masih 55 persen, sehingga untuk mencapai cakupan target yang lebih tinggi maka pada program nasional gebyar vaksinasi covid-19 ini menurut plt. sekda harus dimaksimalkan.

“Jayawijaya sudah mencapai 55 persen dari sasaran, jadi bukan 55 persen dari jumlah pendudukan. Tapi 55 persen dari sasaran target kita yang akan dilakukan vaksin. Sasaran target sekitar 33 persen,” jelasnya.

Pelaksanaan gebyar vaksinasi covid-19 rencananya dilakukan selama tiga hari dan hanya dilaksanakan di kota Wamena.

Plt. sekda mengatakan meskipun saat ini sudah banyak permintaan vaksinasi di tingkat distrik dan kampung, tentu akan direspon pemerintah.

“Kami tentu sangat gembira dan akan merespon itu, namun karena tenaga kesehatan kita terbatas sehingga setelah gebyar vaksin tiga hari ini kita akan melakukan penyusunan jadwal kembali teman-teman dinas untuk memenuhi permintaan masyarakat,” ujar sekda.

Lanjutnya, vaksin merupakan upata untuk memberikan kekebalan atau daya tahan tubuh di masa pandemi ini sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

“Masyarakat tidak perlu takut karena program vaksin ini sudah dilakukan mulai bulan Februari lalu, dan semua berjalan baik dan tidak ada keluhan dari masyarakat yang signifikan terkait pelaksanaan vaksin itu sendiri,” Katanya.

 Sehingga, pemerintah berharap dengan tingkat partisipasi dari masyarakat yang cukup baik kekebalannya juga akan baik, sehingga tingkat penularan dari covid-19 semakin menurun.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, dr. Willy Mambiyeuw, Sp.B vaksinasi dilakukan bagi warga Jayawijaya yang berusia  delapan belas tahun hingga enam puluh lima tahun.

“Vaksin yang digunakan jenis vaksin Sinovac, kegiatan dilakukan selama tiga hari untuk memenuhi capaian yang pemerintah pusat secara nasional yakni target 1 juta orang divaksin per hari,” ungkap kadinkes.

Dihari pertama tingkat antusias warga untuk mengikuti vaksinasi bisa dibilang cukup tinggi, sejak pukul 09.00 WIT hingga pukul 11.00 WIT telah terdaftar tiga ratus lebih calon penerima vaksin.

 “Kami dari dinas kesehatan mengajak semua masyarakat baik Jayawijaya maupun yang berKTP luar Jayawijaya tapi berdomisili di Jayawijaya silahkan datang, karena gebyar vaksin selama tiga hari ini tidak hanya fokus untuk kabupaten Jayawijaya saja, ini agar kita bersama-sama menekan peningkatan angka covid di Jayawijaya,” ajaknya.

Sementara pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak kata kadinkes hingga kini pihaknya belum mendapatkan petunjuk dari pemerintah pusat.

“Walau sudah dikatakan vaksin bisa dilakukan untuk anak usia di atas 12 tahun. Ini masih wacana, secara instruksi belum ada,” pungkasnya. (*)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top