Tiga Kampung Di Distrik Pelebaga-Jayawijaya Kini Nikmati Listrik

WAMENA – Sebagai upaya untuk menerangi seluruh perkampungan di Papua, khususnya Jayawijaya, PT.PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena melaunching 3 Desa  Baru Berlistrik di Distrik Pelebaga, yakni Kampung Aleak,Landia, dan Inanekelok.

Utrek Korwa, Manager Bidang Jaringan mengatakan pihaknya telah mengoperasikan jaringan dari Sinakma hingga ke Distrik Pelebaga dan lima trafo dikhususkan untuk melayani perkampungan di distrik ini.

“Pada hari ini kami mewakili PT PLN persero Papua dan Papua Barat Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena kami meresmikan listrik di tiga kampung ini bertanda bahwa listrik saat ini sudah bisa disambung dari teman-teman Gerai Listrik (Gerlis) untuk melayani masyarakat kita yang ada di tiga kampung di Distrik Pelebaga,” ungkapnya, Kamis (06/08/20).

Pembangunan kelistrikan PLN di Jayawijaya menurut Utrek ada dua kategori, yakni kategori pemerintah daerah dan kategori PLN.

“Untuk kategori PLN kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk operasikan jaringan-jaringan yang belum beroperasi dengan berkoordinasi dengan PLN kantor wilayah,” katanya.

Saat ini ada beberapa kampung yang sementara sudah terbangun jaringan listrik namun belum beroperasi, sehingga lanjut Utrek pihaknya akan berupaya agar dalam bulan Agustus hingga Desember nanti dapat beroperasi.

“Untuk perdana di tiga kampung ini sudah ada 16 pelanggan dan tentu jumlah ini akan bertambah. Untuk Jayawijaya kurang lebih sudah 300 kampung yang terjangkau,” jelasnya.

Meteran yang baru dipasang di enam belas pelanggan perdana di tiga kampung tersebut merupakan meteran prabayar, sehingga PLN berencana akan melakukan penjualan pulsa listrik via Gerlis PLN atau via kepala kampung dan distrik.

“Pulsa mungkin pembeliannya akan tetap lewat masyarakat kita cuman proses belinya yang kami akan cari solusinya,” ujarnya.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan, selain tiga kampung di Distrik Pelebaga yang telah dilaunching listriknya, pemda Jayawijaya juga sementara tengah berupaya agar PLN dapat kembali melaunching listrik di beberapa distrik yang jaringan listriknya sudah terpasang seperti Distrik Bpiri.

“Selain itu sampai perbatasan juga saya sudah minta ke PLN untuk dari tagime menuju Tagineri, saya minta kalau bisa terakses agar distrik kita yang terpinggir pun bisa menikmati listrik.

Menurut Banua, di Jayawijaya hampir semua distrik pinggiran sudah menikmati listrik, bahkan kampung terjauh di Distrik Pelebaga yakni kampung Landia pun sudah terpasang listrik.

“Jadi sebagian besar akses listrik sudah masuk, dimana kampung yang jalannya sudah masuk maka tentu sudah terakses listrik,” pungkasnya. (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top