Antisipasi Banjir, Bupati Turun Tangan Bersihkan Saluran Air

WAMENA - Guna mengantisipasi terjadinya banjir atau pun genangan-genangan air di dalam kota diawal musim penghujan ini, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua bersama Wakil Bupati Marthin Yigobi turun langsung membersihan saluran air di sepanjang jalan Trikora kota Wamena, Senin (27/2/20) pagi.

"Saya orang yang tidak mau melihat aktifitas masyarakat terganggu, saluran air tersumbat maka otomatis mengganggu," ungkap Banua. Ia juga menyayangkan OPD terkait yang terkesan lambat mengantisipasi ini.

"Kita sudah himbau kepada masyarakat melalui OPD terkait tetapi sepertinya agak lambat," ujarnya. Sebelumnya sabtu lalu bupati juga melakukan pemantauan pembersihan saluran air di beberapa titik di kota Wamena.

"Meski senin ini hari kerja kita turun untuk kerjakan langsung agar saat hujan tidak ada genangan atau luapan air daru selokan naik ke badan jalan," jelasnya.

Saluran air atau gorong-gorong yang berada tepat di depan mall Wamena ini memang selalu menjadi titik pembersihan karena rawan terjadi penyumbatan akibat sampah plastik.

Bupati sendiri memastikan pembersihan gorong-gorong rampung hari ini agar tidak terjadi banjir. Ia juga mengatakan pembersihan saluran air ini rutin dilakukan maka dipastikan 6 bulan kedepan tidak akan berjadi banjir.

"Jika kita rutin lakukan ini maka 6 bulan kedepan tidak akan terjadi luapan air saat hujan. Saya minta kepada OPD terkait agar bisa antisipasi ini," tegas bupati.

Bupati juga meminta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah disembarang tempat terutama di saluran air, baik sampah plastik maupun sampah rumah tangga.

"Kita perlu ingatkan masyarakat kembali supaya tidak membuang sampah di saluran air, karena dampaknya kita sendiri yang rugi," katanya.

Ia juga mengatakan untuk mengantisipasi aliran air dari hulu ke hilir pemda akan melakukan antisipasi dengan membuka pembuangan-pembuangan air. Dan melakukan normalisasi beberapa titik sungai yang dirasa perlu. (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top