Pemeriksaan Pengunjung Akan Mulai Diberlakukan di Bandara Wamena

WAMENA – Mencegah masuknya Virus Corona ke wilayah Jayawijaya, pemerintah daerah dalam waktu dekat akan mulai memberlakukan scanner diterminal kedatangan Bandara Wamena.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan OPD terkait telah diperintahkan berkoordinasi untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

“Alur orang masuk kami akan atur, kita akan lakukan pemeriksaan di setiap titik masuk bandara. Sampai dengan langkah-langkah penanganan itu sudah kami rapatkan dan bentuk tim,” ungkap Banua, Senin (09/03/20).

Tidak hanya itu, kata Banua pemda Jayawijaya juga telah menyediakan ruang karantina khusus jika nanti ditemukan adanya warga yang terdeteksi mengalami gejala ataupun positif  terinveksi Virus Corona, sebelum dikirimkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II yang merupakan rumah sakit rujukan pasien yang teridentivikasi Virus Corona.

“Untuk peratalan dan tenaga medis kami belum punya, sehingga jika ada kita akan kirim ke  dok II, karena yang punya alat cuman dok II,” katanya.

Menurutnya, pemda hanya focus melakukan pendeteksian dini sedangkan untuk penanganannya akan diserahkan sepenuhnya ke  dok II.

“Peralatan kami akan gunakan manual dulu, kami sudah koordinasi ada beberapa alat tes suhu dan ada enam alat yang akan kita pakai, jadi kami akan berkoordinasi dengan bandara. Tim kami sudah bentuk untuk bisa penanganan di bandara maupun di rumah sakit,” paparnya.

Dirinya berharap dengan rapat bersama OPD terkait yang dilaksanakan hari ini, besok atau lusa pihaknya akan turun lapangan.

Sementara untuk tetersediaan masker dan bahan antiseptic yang kini juga mulai langka di Wamena, menurut bupati hal tersebut tentu berdampak dari kekosongan stok di Jayapura, mengingat semua pasokan barang di datangkan dari Jayapura dan Timika.

“Saya kira dengan temuan pasien Corona yang telah diumumkan presiden beberapa waktu lalu, tentu memicu daya beli masyarakat untuk menjaga keamanan diri. Apalagi stok barang-barang seperti itu sangat terbatas di Wamena,” jelasnya.

Selain bandara, pemda juga akan melakukan pendeteksian dini di pusat-pusat pemerintahan.

“Paling penting adalah kita focus bandara dulu, dari luar daerah yang masuk ke Wamena ini yang harus kita waspada,” pungkasnya. (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top