Tuntut Kesejahteraan, Puluhan Mama-mama Petugas Kebersihan Bertemu Bupati

WAMENA - Puluhan mama-mama petugas kebersihan menemui bupati Jayawijaya. Puluhan mama-mama ini menuntut pembayaran hak bagi sebagian rekannya yang belum terbayarkan sejak September 2019 lalu.

Tidak hanya itu mereka juga mempertanyakan pemotongan hak sebesar Rp. 1 juta yang dilakukan oleh pihak Distrik Wamena kota yang hampir 3 tahun ini membawahi dan mengkordinir petugas kebersihan para petugas kebersihan ini.

"Kita kerja dari tahun 2017 sampai sekarang kita di bayar 750 kadang dibayar kadang tidak," ungkap Yuli Halitopo koordinator mama-mama petugas kebersihan, Selasa (10/03/20).

Menurutnya dari gaji yang diterimanya per tiga bulan sebesar 2.250 selalu di potong Rp 1 juta dan hal itu terjadi juga kepada mama-mama yang lain.

"Kami minta kembalikan kami ke Dinas Lingkungan Hidup seperti sebelumnya, kami tidak mau di distrik lagi,"  ujarnya.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua yang menerima langsung kedatangan mama-mama petugas kebersihan ini mengatakan masalah ini harus segera diselesaikan karena biaya kebersihan sudah tercantum dalam DPA dan dibayarkan ke rekening masing-masing.

"Sekarang aturannya kita tidak bisa lagi membayar tunai. Penyelesaian semua ke rekening langsung," kata Banua.

Tambah Banua, pihaknya akan kembali mengecek mungkin saja terjadi salah paham dalam komunikasi antara mama-mama petugas kebersihan dan petugas distrik. Karena kata bupati saat kerusuhan banyak tenaga luar yang digunakan untuk membantu pembersihan kota.

"Kita akan croscek lagi untuk 2020 agar benar-benar kita selesaikan dengan aturan yang ada," katanya.

Sementara terkait pemotongan menurut bupati berdasarkan aturan seharusnya tidak ada.

"Makax kita akan croscek lagi dengan mendudukan kedua belah pihak untuk luruskan masakah ini," ujarnya.

Terkait tuntutan mama-mama agar dipindahkan kembali di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup kata bupati hal tersebut akan ditinjauh kembali. (vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top