Sebanyak 118 Qori’ dan Qori’ah Berlomba di MTQ Jayawijaya

WAMENA – Pagelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke - 28 tingkat Kabupaten Jayawijaya resmi dibuka Bupati yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi I Made Putra, di Gedung Basda YAPIS Wamena, Sabtu (14/03/20).

Dalam sambutan bupati, pemerintah daerah sangat mendukung dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan tahunan itu.

Karena selain wadah untuk tetap membumikan dan melestarikan pemahaman terhadap nilai-nilai kitab suci Al Qur’an, juga dimaksudkan dalam rangka menyeleksi Qori’ dan Qori’ah yang nantinya akan menjadi duta kabupaten Jayawijaya.

“Saya berharap penyelenggaraan  MTQ tingkat kabupaten Jayawijaya ini dapat sukses dan menghasilkan kafilah yang berprestasi, sehingga nantinya dapat menjadi yang terbaik dan peroleh predikat terhormat pada ajang MTQ tingkat provinsi,” ungkap Staf Ahli.

Pada kesempatan yang sama, Katua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an, Drs Tinggal Wusono M.AP mengatakan MTQ tingkat kabupaten ini dalam rangka seleksi untuk pelaksanaan MTQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan bulan April nanti.

“Harapan kami dengan dukungan penuh pemda kita bisa melaksanakan amanah, dan harapan kami juga kami bisa menghasilkan para juara yang nantinya bisa mewakili pemda Jayawijaya,” ungkapnya.

MTQ ini akan berlangsung selama dua hari dan hampir semua mata loma akan diseleksi melalui lomba-lomba.

“Jadi kurang lebih ada 6 mata lomba yang kita selenggarakan, dan pesertanya mulai dari tingkat anak-anak usia maksimal 11 tahun dan dewasa 44 tahun,” katanya.

Tinggal Wusono juga berharap kedepan nantinya Jayawijaya bisa kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat provinsi, sebelumnya Jayawijaya pernah menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ pada tahun 1994.

“Kami telah mengkonsukltasikan dengan pemerintah daerah terkait ini, namun tentu akan dikaji lebih matang karena dengan kondisi pasca kerusuhan lalu bukan hanya sarpras saja tetapi juga kesiapan tuan rumah  karena banyak anak-anak kita yang perlu disiapkan,” pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia, Rustam Haji, mengatakan bahwa Jayawijaya sebelumnya Jayawijaya telah ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanan MTQ tingkat nasional namun karena kerusuhan 2019 lalu sehingga dibatalkan.

“kita siap meneruskan amanah untuk menjadi tuan rumah MTQ 2022 mendatang,” ungkapnya.

Lanjutnya, MTQ tahun ini diikuti oleh 118 peserta dalam enam  cabang musabaqah. Cabang Tilawatil Qur’an golongan Tartil 51 peserta. Cabang Hifdzil  Qur’an 15 peserta, cabang Fahmil Qur’an 10 regu, Syahril Qur’an 5 regu, kaligrafi Al Qur’an 2 peserta, dan cabang karya tulis ilmiah  Al Qur’an 5 peserta. (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top