Menuju Indonesia Satu Data, Kominfo Gelar Seminar PDIP, LPP dan ASPM

 WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Jayawijaya melakukan seminar Penyusunan Data Informasi Pembangunan (PDIP), Laju Perkembangan Perekonomian (LPP), dan Analisa Situasi Pembangunan Manusia (ASPM) tahun 2019, bertempat di hotel Grand Sartika Wamena, Kamis (28/08/2019).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM kabupaten Jayawijaya, Ir. Paulus Sarira, MM., saat membuka kegiatan tersebut berharap peserta dapat lebih aktif dalam memberikan data dari masing-masing OPD, bagian BUMN, dan instansi vertikal sehingga data tersebut menjadi data yang akurat dan mutakhir yang kelak menghasilkan data yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

"Apabila sistem informasi yang dibangun tepat, transparan, dan mutahir akan memberikan sesuatu gambaran kinerja organisasi yang akurat bagi penggunanya dalam mengambil keputusan," ungkap Sarira.

Menurutnya, saat ini perkembangan sistem informasi sangat pesat dan makin bernilai tinggi dalam setiap organisasi, yang memanfaatkan teknologi secara online (teknologi informasi) untuk memudahkan dalam proses mengakses data kapan dan di mana saja untuk membantu dalam setiap proses pengambilan keputusan.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jayawijaya, Drs. Isak Sawaki mengatakan ini merupakan salah satu kegiatan kominfo yang dilaksanakan untuk menuju Indonesia Satu Data.

Menurutnya, dengan kegiatan pengumpulan dan penyusunan data daerah kabupaten Jayawijaya sesuai Permendagri 18 tahun 2014 tentang Sistem Informasi macam-macam daerah salah satunya untuk menjadikan satu data daerah yang akan menunjang satu data dari pusat hingga daerah.

"Hal ini akan dikembangkan sampai seluruh sistem teknologi informasi dari pusat sampai ke daerah sudah terkonek, maka akan mendukung proses pengambilan keputusan di tiap tingkat, baik kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat sesuai kebutuhan" tuturnya Sawaki.

Lanjutnya, hal ini juga dilakukan dalam rangka penyusunan tingkat kebutuhan di daerah juga perkembangan ekonomi dan perkembangan IPM di tiap tingkatan yang menjadi acuan dalam menyusun sistem data di kabupaten Jayawijaya.

"Tahun ini tahun ke dua kita laksanakan, jadi ini lanjutan dan ini merupakan penyempurnaan, jadi setelah ini akan kita evaluasi perubahan sampai di mana dibandingkan tahun lalu dan akan dibuat laporan sistem info data daerah," pungkasnya.

Ketua Panitia, Romuli Simaremare mengatakan tujuan yang ingin dicaoai salam kegiatan PDIP, LPP, dan ASPM kabupaten Jayawijaya yakni penyusunan dokumen informasi pembangunan yang tersistem sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Pengembangan basis data informasi pembangunan guna mengimplementasikan konsep e-goverment yang baik," ungkapnya.

Selain itu juga untuk peningkatan kualitas SDM pemerintah daerah dalam penguasaan teknologi informasi dan peraturan perundang-undangan.

Manfaat dari seminar ini, yakni kemudahan proses kendali manajemen dan pemasukan data-data informasi pembangunan deerah, efisiensi SDM dan waktu karena data bersifat reusable atau data yang bisa digunakan kembali. (Vin/YP).

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top