Pemda akan Bangun Pos Keamanan di Pikhe

WAMENA – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya berencana akan mendirikan pos keamanan di seputaran wilayah Pikhe, Distrik Hubikiak, karena daerah ini dinilai sebagai daerah rawan konflik.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua SE., M.Si., mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mencari pertokoan di pertigaan Pikhe untuk ditempatkan personil keamanan dari Batalyon 756/WMS.

“Pos keamanan ini nantinya akan ditempati 15 orang personel dari TNI. Kalau untuk kepolisian sudah ada Polsek Wamena Kota yang jaraknya tidak jauh dan juga ada Pospol di Pasar Jibama, sehingga di pertigaan Pikhe ini akan dibangun pos TNI,” kata Banua saat meninjau lokasi, Senin (27/05/2019).

Ruko tersebut akan ditempati sementara, sambil mengunggu pemda menyiapkan lokasi pos keamanan secara permanen. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Rencananya kita akan bangun pos permanen yang bisa digunakan seterusnya,” ujarnya.

Sementara, Danyon 756/ WMS, Mayor Inf. Arif Budi Situmeang mengatakan bahwa hal ini sesuai tugas dan fungsi Batalyon, yakni mendukung tugas Pemda Jayawijaya dalam hal menjaga stabilitas pembangunan daerah.

“Kami akan menyurat ke Danrem, jika sudah dan ada persetujuan akan di tempatkan personel sebanyak 15 orang,” katanya.

Tambahnya, pemilihan lokasi sangat penting karena sebelum anggotanya mengamankan sebuah lokasi harus lebih dulu mengamankan dirinya.

“Bangunannya kalau bisa permanen untuk pos sementara, jangan bangunan yang menggunakan kayu,” ujarnya. (Vin/YP).

    top