DPMK Jayawijaya Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Aparat Kampung

WAMENA - Aparat Kampung dari Distrik Napua dan Walelagama diharapkan dapat berperan lebih besar dalam memajukan pemerintahan kampung di Jayawijaya.\

Hal ini diungkapkan Bupati Jayawijaya dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Perekonomian dan Keuangan, drh. I Made Putra pada pembukaan pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Pembangunan Kawasan Pedesaan yang berlangsung di Gedung Sekolah Minggu GKI Betlehem Wamena, Senin (20/05/2019).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk terus meningkatkan kualitas aparat kampung agar dapat berperan lebih besar dalam memajukan pemerintahan kampung dan pembangunan di Jayawijaya,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, bupati juga sangat menyambut baik kegiatan ini karena bertujuan untuk menguatkan kapasitas pemerintahan kampung dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, yang pada akhirnya berujung pada terwujudnya kesejahteraan masyarakyat.

“Saya harap melalui pelatihan ini, Aparat Pemerintahan Kampung dapat memahami kebijakan pemerintah tentang pemerintahan, manajemen, dan kewenangan aparat kampung, serta dapat merencanakan dan memahami administrasi pemerintahan kampung terutama administrasi  dalam penyusunan profil kampung,” katanya.

Tambahnya, hal ini penting karena pemerintahan kampung merupakan wujud dari kehadiran negara yang paling dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Oleh sebab itu pelayanan dan pembangunan yang diberikan pemerintah kampung diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat melalui aparat kampung.

Melalui sambutannya, Bupati mengingatkan kepada para Aparat Kampung untuk lebih selektif dalam pengelolaan keuangan kampung.

“Saya juga mengingatkan Aparat Kampung untuk mengelola keuangan kampung melalui perencanaan yang matang berdasarkan potensi dan kebutuhan di kampung, yakni berdasarkan profil kampung yang telah disusun,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Anita Hariani, yang juga selaku Kabid Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung DPMK Kabupaten Jayawijaya, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan dan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Aparat Kampung untuk memahami bagaimana menyusun dan melaksanakan kegiatan-kegiatan pembangunan, baik fisik maupun non fisik (SDM) berbasis kawasan pedesaan dengan melihat potensi desa yang bertujuan untuk pembangunan.

Lanjutnya, untuk menindaklanjuti kegiatan pelatihan ini akan dilakukan pendampingan kepada mereka yang telah mengikuti pelatihan di kampung masing-masing sekaligus melihat sejauh mana pemahaman Aparat Kampung terhadap materi yang telah diberikan.  (Vin/YP).

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top