Gedung Baru Harus Dibarengi Dengan Integritas Jaksa

WAMENA - Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Dr.Heffinis, S.H.,M.Hum mengapresiasi gedung baru Kantor Kejaksaan Negeri Jayawijaya yang baru dibangun,  namun dirinya berharap dengan gedung baru tersebut juga dibarengi dengan integritas para jaksa dan pegawai yang ada di lingkungan kejari Jayawijaya.

"Gedung ini sudah sangat megah untuk wilayah pegunungan tengah bahkan di Papua. Tapi harapan saya jangan hanya gedungnya saja yang megah tapi bagaimana teman-teman di kajari Jayawijaya juga integritasnya sesuai," ungkapnya, disela-sela peresmian gedung baru Kantor Kejaksaaan Negeri Jayawijaya, Kamis (04/07/2019). Menurutnya, paling tidak dengan gedung kantor yang baru menambah semangat dan integritas seluruh pegawai.

Pada kesempatan itu dirinya juga menyinggung soal korupsi yang mana telah menjadi komitmen kejaksaan tinggi Papua untuk memberantas korupsi hingga akar-akarnya. "Korupsi di Jayawijaya akan kita berantas dan terbukti beberapa kasus sudah ditangani," tegas.  Tambahnya, sejauh ini penanganan kasus korupsi di wilayah pegununhan tengah kebanyakan sudah sampai pada tahap pemeriksaan saksi dan salah satunya terkait kasus korupsi dana desa di kabupaten Tolikara.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi SH, M.Hum mengapresiasi pembangunan gedung baru namun dirinya berharap kantor yang megah ini juga diisi oleh orang-orang yang berintegrasi dan mampu  menegakkan keadilan. "Kami berharap semua persoalan hukum yang ada di daerah ini khususnya dan secara umum di daerah pegunungan tengah bisa ditangani secara baik," ungkapnya.

Sementara, Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua, Befa Jigibalom berharap dengan gedung baru ini kejaksaan terus bersinergi dengan pemda untuk melakukan tugas-tugasnya. "Kami mendukung kerjaksaan untuk memainkan perannya sebagai penyelenggara di bidang hukum untuk melakukan tugas-tugas," ungkapnya.

Sehingga lanjut Befa, apa yang dilakukan bermanfaat bagi masyarakat di daerah ini. Karena menurutnya, dalam banyak kasus dan pelanggaran kerjaksaan menjadi tolak ukur. "Ketika kejaksaan memberikan keteladanan untuk apa saja yang dilakukan menjadi pembelajaran bagi masyarakat yang kelihatannya masih jauh dari hukum, misalnya orang bersalah diselesaikan secara adat," jelasnya.

Untuk itu lanjut Befa, diharapkan kedepan semua dapat diproses sesuai hukum normatif dan peran kejaksaan sangatlah penting. "Dengan dukungan pemerintah dan masyarakat yang mempercayakan institusi ini berfungsi baik di seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya.

Dalam peresmian gedung baru kantor kejaksaan negeri Jayawijaya juga sekaligus dilakukan penandatanganan zona integritas  Wilayah Bebes Korupsi (WBK) dan pemusnahan barang bukti berupa ratusan botol miras. (Vin/Rs)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top