Peningkatan Pelayanan OPD Harus Sesuai SOP

Untuk itu kehadiran ombudsman di Jayawijaya diharapkan dapat memberikan pendampingan bagi OPD di lingkungan pemda Jayawijaya dalam peningkatan pelayanan sesuai Standart Operational Procedure (SOP) yang berlaku.

“Bupati meminta kami untuk melakukan pendampingan penerapan SOP di masing-masing OPD agar pelayanan dapat lebih maksimal,” ungkapnya usai melakukan sosialisasi standar pelayanan yang berlangsung di Sasana Wio Kantor Bupati, Senin (13/05/2019). Ia berharap SOP ini dapat diterapkan di seluruh OPD baik yang melayani eksternal maupun internal, sehingga pelayanan lebih maksimal.

“Dengan penerapan SOP maka akan menekan perbuatan administrasi,” ungkapnya. Pada kesempatan yang sama Sekertaris Daerah Jayawijaya, Yohanes Walilo, S.Sos,M.Si mengatakan kehadiran ombudsman untuk melakukan pendampingan khusus layanan. “Selama ini banyak laporan-laporan dari masyarakat terkait dengan layanan yang kurang, sehingga bupati meminta ombudsmat RI perwakilan Papua datang ke sini (Jayawijaya).

Ombudsman ini juga nantinya akan turun ke semua OPD untuk melihat secara dekat hal-hal yang harus disiapkan terkait layanan yakni semua prosedur SOP dimasing-masing OPD yang menjadi standar penilaian. “Saat ini nilai kita ada di level merah, sehingga nantinya akan dinilai lagi apakah akan tetap di level merah atau berubah ke hijau, paling tidak kita naik ke kuning sebelum ke hijau,” ungkap Sekda.

Menurutnya peningkatan standart pelayanan ini juga bergantung pada komitmen masing-masing OPD. “Contoh kalau layanan di OPD ada pungutan maka harus disebut berapa besaran pungutan tersebut agar masyarakat perlu tau itu. Tapi kalau tidak ada pungutan maka perlu diketahui juga oleh masyarakat,” ujarnya. Oleh sebab itu lanjut sekda, kehadiran ombudsman di lingkungan pemda Jayawijaya untuk mendampingi OPD mengingat  penilaian akan kembali dilakukan juli nanti yang dilakukan oleh ombudsman seluruh Indonesia. (Vin/Rs)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top