Ketua TP PKK Papua Lantik TP PKK Jayawijaya

WAMENA  – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memiliki basis yang kuat sehingga bila dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dapat meningkatkan potensi dan daya saing pembangunan di daerah. Hal itu bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat lahir dan batin batin akan tercapai.

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Papua Nyonya Yulce Enembe saat melantik Ketua TP PKK Kabupaten Jayawijaya Nyonya Yustina Yenni Banua, bertempat di Gedung Sasana Wio Kantor Bupati Jayawijaya, Selasa (18/12).

Pada kesempatan itu Yulce minta kepada kepada Ketua TP PKK yang baru dilantik, untuk ikut berperan dalam pembangunan mental spiritual keluarga, meningkatkan
fungsi posyandu, meningkatkan keluarga yang sadar hidup bersih dan sehat, kesetaraan gender serta membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

“Selaku mitra kerja Pemerintah, PKK harus melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Jayawijaya, dimana pada tahun 2015 PKK telah mencanangkan dasawisma dengan menghidupkan posyandu, fokus terhadap pelayanan ibu dan anak,” ungkap Yulce Enembe.

“Jika PKK  tidak ikut mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini lanjut Yulce, dimasa yang akan datang PKK akan mengalami kendala dan banyak hambatan. “SDM lahir dari ibu oleh karenanya posyandu harus dijalankan untuk melayani ibu dan anak mulai dari usia kandungan nol bulan hingga bersalin harus rutin dikontrol,” katanya.

Menurutnya posyandu dan pendidikan haru seiring dan sejalan karena dua bidang ini seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lain.

Selain itu lanjut Yulce, Posyandu juga harus terintegrasi dengan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan PAUD itu sendiri harus terintegrasi dengan sekolah minggu.

“Ini sangat bagus sekali, kalau posyandu terintegrasi dengan sekolah minggu maka pembentukan moral anak sudah terbentuk dan dipersiapkan, kalau dia tumbuh dan kuat didalam Tuhan maka kedepan hidupnya akan baik,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayawijaya Jhon R.Banua, dalam sambutannya menuturkan akan mendukung sepenuhnya setiap program kerja PKK. S”Seluruh program PKK akan disinkronkan dengan program dana kampung yang merupakan program pemerintah pusat,” kata Banua.

Hal itu seiring dengan program Bupati - Wakil Bupati Jayawijaya yang baru dilantik, karena akan lebih banyak bekerja di distrik, juga menjadi tanggungjawab PKK untuk ikut bekerja di tingkat distrik,” kata Banua.

“Mama-mama PKK kita di kampung dan distrik butuh perhatian, apa yang kurang kita sama-sama berikan dukungan untuk meningkatkan potensi mereka,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan keterlibatan Kepala Kampung dan Kepala Distrik untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada mama-mama PKK yang ada di kampung dan distrik. “Pemerintah Kabupaten Jayawijaya tidak bisa bekerja sendiri tanpa PKK, baik ditingkat kabupaten, distrik dan kampung,” imbuhnya. (Vin/JK)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top