Meskipun Belum Ada Temuan Kasus, Petugas Tetap Rutin Lakukan Kampanye Eliminasi Kaki Gajah

WAMENA - Bulan Oktober ini merupakan bulan kampanye eliminasi Kaki Gajah atau Filariasis yang merupakan program nasional, untuk itu Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mulai melakukan pembagian obat filariasis bagi masyarakat.

Di Distrik Asologaima dan Muliama dihari pertama bulan oktober ini langsung dilakukan pembagian obat filariasis di halaman kantor Distrik Asologaima. “Ini merupakan upaya kami pemerintah untuk bagaimana mendekatkan pelayanan kita kepada masyarakat khususnya dibidang kesehatan, meskipun belum ada kasus di sini (asologaima) namun pembagian obat-obatan ini tetap kita lakukan,” ungkap Wakil Bupati Jayawijaya Jhon R.Banua di Distrik Asologaima, Senin (01/10).

Menurutnya, pembagian obat-obatan ini untuk pencegahan sehingga tidak ada temuan kasus baru. Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Asologaima Agustina Kurisi mengungkapkan bahwa tidak hanya itu petugas puskesmas Asologaiman juga akan turun langsung ke kampung-kampung untuk pembagian obat filariasis sekaligus pemberian vaksin MR.

“Hari ini kami bagi obat, tetapi sebelumnya sudah didemo (praktekan) oleh petugas, petugas sudah minum karena memang tanggal 1 itu sudah harus minum filariasis,” ujarnnya.

Terkait pelayanan tersebut pihak puskesmas juga telah menyampaikan melalui surat, bahkan pemberitahuan di gereja-gereja. “Kaki gajah sejauh ini belum ada kasus di Puskesmas Asologaima, tetapi untuk pencegahan, kami menjalankan itu sebagai progam nasional untuk lima tahun,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut selain dilakukan pemberian vaksin MR, pembagian obat filariasis, juga dilakukan pemeriksaan darah untuk malaria dan HIV. (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top