Masih Dibawah 30 Persen, Wabup Pantau Langsung pemberian Vaksin MR Di Dua Distrik

WAMENA - Meskipun telah dijadwalkan secara nasional pemberian imunisasi Campak Polio dan Rubella dilaksanakan pada bulan Agustus dan September namun pemerintah Jayawijaya masih terus melakukan pemberian vaksin MR bagi para anak dan balita yang belum mendapatkan vaksin tersebut hingga awal oktober ini.


Pemberian vaksin ini bahkan dipantau langsung oleh Wakil Bupati Jayawijaya Jhon R.Banua dua distrik yang dilaksanakan sekaligus dalam sehari, Senin (01/10) yakni di Distrik Asologaima dan Distrik Muliama.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar memastikan semua bayi dan balita mendapatkan hak kesehatannya yakni vaksin MR. “Kita lihat di Asologaima yang dibilang bahwa masih nol, hari ini (kemarin) hampir 87 anak telah divaksin, begitu juga dengan distrik Muliama hampir sekitar 50an anak,” ungkap Wabup Banua disela-sela kegiatan di Distrik Asologaima, Senin (01/10)

Menurutnya, imunisasi ini sudah berjalan dengan baik sesuai harapan pemerintah, dan muda-mudahan dengan pos-pos yang akan dijalankan di daerah yang belum dilaksanakan nantinya bisa berjalan dengan baik. Wabup juga berharap agar anak dan balita yang belum sempat di vaksin kemarin nantinya dapat menerima vaksin pada posyandu-posyandu yang dilaksanakan. “Dengan adanya posyandu, seperti di Kampung Hoinylkima itu ada pelayanan posyandu jadi nanti sekaligus langsung dilakukan imunisasi MR ini,” katanya.

Pemberian vaksin MR di dua distrik tersebut dilakukan dibawa pelayanan Puskesmas Asologaima yang merupakan penanggungjawaba pelayanan kesehatan didua distrik tersebut.

Agustina Kurisi Kepala Puskesmas Asologaima mengungkapkan bahwa pemberian vaksi MR di Distrik Asologaiman memang sempat berhenti karena ada trauma masyarakat terkait kejadian yang terjadi di distrik Kurulu agustus lalu. “Di Asologaima ini terkait dengan kejadian di Kurulu, masyarakat sempat trauma dan tidak mau disuntik. Tetapi kami mengucap syukur karena dengan kedatangan pemerintah daerah dalam hal ini wakil bupati Jayawijaya, kegiatan ini dapat berjalan kembali bahkan bersamaan dengan beberapa kegiatan kesehatan lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, meskipun telah dilakukan imunisasi pada agustus dan September lalu namun pihaknya akan tetap mengejar pemberian vaksin di bulan oktober ini. “Kami akan kejar lagi di bulan oktober ini, kami berharap bias memenuhi capaian cakupan imunisasi 100 persen,” katanya. Jumlah keseluruhan anak dan balita yang telah terlayani hingga saat ini di distrik Muliama sekitar 200 anak dan distrik Asologaima sekitar 300, jumlah tersebut sudah termasuk pelayanan di posyandu-posyandu. Pihaknya juga akan tetap mengusahakan pemberian vaksin ini mencapai lima puluh persen, pasalnya hingga saat ini pencapaian di dua distrik tersebut masih dibawah 30 persen. (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top