Di Wamena, Tahun Baru Islam Diperingati Umat Muslim Dengan Zikir Akbar dan Kegiatan Positip Lainnya

Wamena – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H / 21 September 2017 M, Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Jayawijaya memperingatinya dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan yang bermanfaat bagi umat Islam di Lembah Agung Jayawijaya ini. PHBI sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, diharapkan mampu melaksanakan fungsinya sebagai lembaga kemasyarakatan untuk menjembatani dan membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan hari besar yang diperingati kaum muslim satu kali dan setahun.

  Kegiatan Donor Darah dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H

Peringatan kali ini dilaksanakan dengan menggelar berbagai kegiatan seperti zikir akbar, donor darah, konsultasi kesehatan, pertunjukan reog, jalan santai, lomba permainan anak-anak, undian berhadiah dan bazar. Kegiatan diawali dengan zikir akbar yang dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahman Wamena Rabu malam (20/9).

“Penyelenggaraan zikir akbar kali ini merupakan salah satu cara bagi umat muslim untuk instrospeksi diri,” kata Sultan Takdir selaku ketua PHBI Jayawijaya. “Instrospeksi itu dilakukan untuk mengoreksi dan memperbaiki tingkah laku masing-masing orang, karena pada prisnsipnya manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang tidak luput dari kesalahan dan dosa,” ujarnya.

 Menurutnya kegiatan ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara sesama warga muslim dan seluruh elemen bangsa yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

“Kalau sudah terjalin silaturahmi dengan baik saya yakin dan percaya akan terjalin hubungan yang erat dan harmonis antar umat beragama di daerah ini,” ujarnya.

 

Setelah selesai pelaksanaan zikir, keesokan harinya Kamis (21/9) dilanjutkan dengankegiatan jalan santai yang dilepas oleh Assisten I Setda Kabupaten Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, M.AP. Pelaksanaan jalan santai tahun ini bisa dibilang istimewa. Hal itu terlihat dengan membludaknya umat Islam yang begitu antusias mengikuti jalan santai kali ini. Ayah, ibu, anak, keluarga, handai taulan dan warga masyarakat penuh semangat dan riang gembira.

Kegiatan jalan santai mengambil start dari halaman Masjid Agung Baiturrahman Wamena menuju jalan Sudirman, jalan Irian, jalan Trikora, jalan Yos Sudarso dan finish kembali di halaman Masjid Agung Baiturrahman Wamena. Seusai jalan santai kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bazaar, undian berhadiah, lomba permainan anak-anak, konsultasi kesehatan dan donor darah.

 Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama PHBI, MUI, Bulan Sabit Indonesia , remaja masjid Agung Baiturrahman Wamena, paguyuban dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Jayawijaya, berjalan dengan aman, tertib dan lancar hingga selesai.

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top