Di Jayawijaya UNBK Diikuti 4 SMK

WAMENA  - Pendidikan sebagai salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang bermartabat menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Jayawijaya. Melalui instansi teknis dinas P dan P penerapan cerdas itu dilakukan dengan cara kompetensi yang ketat melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu dibenarkan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayawijaya, Bambang Budi Handoyo Senin (3/4).

“Dari 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Jayawijaya yang ikut UNBK ada 4 SMK yang pelaksanaannya secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 3 April 2017,” kata Bambang.

Menurutnya kriteria kelulusan siswa dari SMP sampai SMK dan SMA, dilakukan sesuai dengan peraturan menteri pendidikan melalui tiga prosedur, ujian sekolah, ujian sekolah berstandar Nasional dan Ujian Nasional. “Untuk  Ujian Nasional itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu ujian berbasis computer dan ujian dengan menggunakan kertas, pulpen dan pensil,” kata Bambang panjang lebar.

“4 SMK yang mengikuti UNBK terdiri dari SMK Yapis, SMK Nina Bua, SMK Yasores dan SMK Yapesli  dan diikuti sebanyak 587 siswa, sedangkan yang mengikuti UN berbasis kertas dan pinsil adalah SMK Negeri Wamena yang diikuti 44 siswa,” ujarnya.

“Untuk tahun 2017 siswa yang mengikuti UNBK dan siswa yang mengikuti ujian berbasis kertas dan pensil di Kabupaten Jayawijaya sebanyak 631 siswa,” kata Bambang.

Dijelaskan tahun 2017 sekolah yang melaksanakan ujian berbasis komputer hanya SMK, sementara SMP dan SMA masih menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). (Vin/jk)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top