Kantor Kampung Dapat Digunakan Untuk Musyawarah

WAMENA – Bupati Kabupaten Jayawijaya John Wempi Wetipo SH,MH mengharapkan kepada warga masyarakat untuk memanfaatkan kantor kampung sebagai sarana untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di tingkat kampung secara bermusyawarah mencapai mufakat. Hal ini diungkapkannya ketika meresmikan kantor Kampung Putagaiman di  Distrik Asotipo, Jumat (5/8).
Pada kesempatan itu Bupati Jayawijaya yang didampingi muspida, beberapa pimpinan SKPD dan anggota DPRD menyinggung soal peringatan KPK yang tidak memperbolehkan menggunakan dana kampung untuk membangun kantor kampung. “Pemanfaatan dana kampung harus sesuai dengan program yang telah direncanakan untuk kepentingan masyarakat dan berdasarkan petunjuk teknis yang diberikan oleh Pemerintah,” ujarnya.
Menurutnya dana kampung bisa dikelola dengan mengembangkan usaha ekonomi kerakyatan, industri rumah tangga dan usaha lainnya yang berdampak positip terhadap kesejahteraan masyarakat. “Supaya lebih jelas dalam pemanfaatan dana kampung dan mudah untuk membuat laporan, masyarakat dapat bertanya kepada instansi teknis di Kabupaten Jayawijaya,” ujarnya.
Yang sangat penting adalah jangan menggunakan dana kampung itu untuk memenuhi kebutuhan perorangan atau kelompok tertentu karena ini melanggar aturan hukum. “Kalau dilanggar konsekuensinya harus berhadapan dengan hukum untuk mempertanggungjawabkannya,” tegas Wetipo. (Vin)

    top