Masyarakat Dilibatkan Untuk Mengelola Dana Apbd Kampung

 WAMENA - 328 Kampung yang ada di Kabupaten Jayawijaya akan menerima Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kampung dan setiap Kampung akan menerima Rp.104.791.000,- melalui transfer  sesuai dengan dokumen masing-masing APBD Kampung yang sudah diterima.

Demikian disampaikan Bupati  Kabupaten Jayawijaya Wempi Wetipo SH,MH saat menggelar rapat dengan kepala kampung, sekretaris kampung dan aparat kampung lainnya serta kepala-kepala distrik di Aula Bazda Wamena, Senin (27/7).
Bupati Wetipo mengatakan, pelaksanaan rapat tersebut sesuai dengan amanat undang-undang Desa dimana kepala kampung dapat mengelola Apbd kampung dan RPJMK serta dilakukan penandatanganan surat pernyataan sehingga aparat kampung dapat dikontrol.
Menururtnya, pembuatan surat pernyataan yang ditandatangani oleh kepala kampung bertujuan untuk mengontrol pengelolaan dana Apbd kampung oleh aparat kampung masing-masing.
“Bila tidak dapat mengelola dana Apbd kampung dengan baik sehingga terjadi penyimpangan, aparat kampung yang bersangkutan  segera mengundurkan diri,” tegas Wempi.
Oleh karena itu lanjut Wetipo, untuk tertibnya adminsitrasi dalam pengelolaan dana APBD Kampung pihaknya akan membentuk tim dengan SK Bupati yang akan bertugas mengontrol dan mengawasi penggunaan Apbd Kampung dimaksud sehingga berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Selain mengelola Apbd Kampung, setiap kampung juga mendapat dana Prospek dari Pusat sebesar 87 Milyar dan daerah 70 Milyar sehingga total yang diterima setiap kampung Rp. 157.900.000,- dan akan terserap ke 328 kampung.

 

 

 

    top