Jayawijaya Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Rakontek Bidang Hukum

 WAMENA - Guna mencari kesamaan persepsi tentang peraturan daerah disetiap Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua untuk dijadikan sebagai bahan masukan membuat peraturan daerah, perdasus dan perdasi dan selanjutnya ditetapkan dalam sebuah regulasi. Kegiatan itu berlangsung dalam rapat konsultasi teknis (Rakontek) bidang hukum yang berlangsung di Wamena Rabu (8/7).

Ada dua point penting dalam rakontek kali ini yaitu perdasus tentang pengendalian penduduk dan perdasus tentang pengendalian minuman keras yang akan menjadi rekomendasi untuk dijadikan regulasi baru.
Gubernur Papua dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, SH mengatakan perlu ada regulasi  di daerah yang konfrehensif di Kabupaten/Kota dan setiap regulasi harus diketahui  seluruh masyarakat di tanah Papua.
“Sesuai dengan berlakunya Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah  dan peraturan menteri Dalam  Negeri RI No.I tahun 2014 tentang produk hukum daerah secara teknis perlu dilakukan suatu kajian yang mendalam dan konfrehensif sesuai kondisi dan isu-isu di daerah,” kata Doren.
Kepala Biro Hukum Provinsi Papua, Derek Hegemur SH, MH dalam kesempatan yang sama menuturkan, rapat konsultasi teknis merupakan sarana bagi kepala bagian hukum untuk membangun sinergitas dan menata semua produk hukum termasuk pemilukada yang harus dipercepat sehingga aturan yang dibuat harus sinergi.
Lanjut Hegemur, pihaknya sudah memiliki draft perdasi dan perdasus namun perlu adanya kesatuan hukum karena tidak bisa membuat peraturan yang bertentangan dan harus didukung dengan kebijakan yang dibuat dari atas kebawah sesuai isu-isu aktual. “Bila sudah diketahui secara bersama-sama tentang produk hukum itu sendiri, selanjutnya akan dibuat rekomendasi untuk kabupaten/kota untuk perdanya,” ujarnya.
Sementara itu Asisten I Setda Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, mengatakan pemerintah Kabupaten Jayawijaya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas kepercayaan yang telah diberikan sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Konsultasi Teknis Bidang Hukum.
Diharapkan pelaksanaan rakontek hukum dapat memberikan rekomendasi atau hasil positif sehingga dapat ditindaklanjuti dengan peraturan daerah sehingga bermanfaat bagi semua pihak.
Rapat konsultasi teknis bidang hukum tersebut di laksankan oleh Biro hukum Provinsi Papua selama tiga hari di Aula Hotel Baliem Pilamo dengan peserta dari perwakilan kepala-kepala bagian hukum dari 29  Kabupaten/Kota di Papua.

 

 

 

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top