Musrenbang RKPD Jayawijaya Tahun 2016 Dibuka Secara Resmi

Wamena – Penyelenggaraan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Jayawijaya tahun 2016 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010, tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, tentang Tata Cara Penyusunan Evaluasi dan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Musrenbang kali ini untuk mempertajam serangkaian pelaksanaan musrenbang yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu pada  tingkat Distrik, Kelurahan, Kampung, serta forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka untuk mencari dan menjaring aspirasi Masyarakat, sebagai wujud sinkronisasi kinerja program dan kegiatan.
Demikian sambutan Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH yang dibacakan Asisten I Pemerintahan dan Pembangunan Drs. Tinggal Wusono saat membuka secara resmi  Musrenbang RKPD Tahun 2016, di Aula Bappeda Jayawijaya, yang diikuti oleh Perwakilan SKPD, Distrik, Lurah serta Tim Asistensi dari Bappeda Provinsi Papua, yang berlangsung selama dua hari, (18-19/3 - 2015).
 Lanjut Bupati Wempi Wetipo, Musrembang RKPD yang dilaksanakan saat ini merupakan periode ke II RPJMD , dan merupakan tahun ke III atas Rencana Pembangunan Menengah Daerah.
Bupati Wempi Wetipo mengingatkan, sesuai dengan RKPD Pemerintah Daerah periode 2013-2016 dengan mengambil tema, “Meningkatkan kualitas Sumber daya Manusia (SDM), Meningkatkan Pelayanan Dasar Infrastruktur Daerah, Perlindungan Daya Saing Daerah dan Hak Dasar Masyarakat, Kepariwisataan, Iptek dan Daya Saing Daerah” telah ditetapkan 6 (Enam) prioritas Program Pembangunan Daerah diantaranya, Meningkatkan Kualitas SDM Reformasi Birokrasi, Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Pelayanan Daerah, Meningkatkan Infrastruktur Daerah, Meningkatkan Perlindungan Budaya dan Hak Dasar Masyarakat Jayawijaya.
Sejalan dengan tema dan prioritas arah kebijakan tersebut, tentunya mengandung tanggung jawab yang besar pula serta kerja keras dari semua pihak. Untuk itu, dengan Musrenbang RKPD kali ini, Bupati Wetipo mengharapkan, akan melakukan penajaman atas rencana kerja SKPD sebagaimana pelaksanaan tugas desentrarlisasi, menginventarisir kebutuhan masyarakat sehingga pelaksanaan program dan kegiatan dapat berjalan, terintegrasi serta  sinkronisasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya.
Pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan dalam pelayanan kepada masyarakat diperiode pertama tentunya telah menunjukan statistik perkembangan pembangunan kinerja yang cukup baik, dengan adanya peningkatan statistik ekonomi yang cukup tinggi, kendati disisi lain masih banyak persoalan daerah yang harus diselesaikan bersama.
Dengan penurunan angka kemiskinan yang tergolong kecil mencapai 39,05%, peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM) Jayawijaya yang baru mencapai 57,55% dapat dikatakan, IPM di Kabupaten Jayawijaya tergolong tinggi atau masuk dalam kualifikasi menengah kebawah dibandingkan IPM di daerah-daerah lain di Pegunungan Tengah Papua.
Hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak untuk mendorong terobosan baru melalui kualitas dasar dengan memperluas kesempatan kerja, akses jalan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, memperluas akses Pasar dengan memanfaatkan Iptek.
“Untuk itu dalam menyusun dokumen RKPD dapat mensinkronkan penyusunan rencana pembangunan Daerah dengan Provinsi, dalam penyusunan program penurunan angka kemiskinan dapat memperhatikan kualitas prasarana dasar, kualitas infrastruktur, Pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah dengan indikator target tahunan dan tahun berikutnya.
Diharapkan setiap SKPD harus melakukan konsolidasi yang baik dengan program dan kegiatan yang ada secara konsisten, dengan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai acuan untuk penyusunan APBD melalui rekapitulasi urusan wajib dan pilihan. (Bagian Humas Setda Jayawijaya)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top