1,5 Ton Barang Kadaluarsa Di Musnahkan

Wamena – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) terus berupaya maksimal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama memberikan perlindungan kepada konsumen selaku pengguna dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok. Bahkan untuk memberi rasa aman terhadap penggunaan bahan pokok tsb Dinas Perindagkop  melakukan pemeriksaan terhadap peredaran bahan pokok yang dikonsumsi masyarakat. Hasilnya sangat luar biasa 1,5 ton barang kadaluarsa berhasil diamankan dalam kurun waktu 6 (enam) bulan di tahun 2014 lalu. Barang kadaluarsa itu akhirnya dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo, S.Sos, M.Si didampingi unsur muspida seusai upacara Selasa (17/3) di halaman kantor Bupati Jayawijaya.

“Sembako dan jenis barang makanan lainnya yang sudah kadaluarsa itu harus dimusnahkan karena sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh masyarakat,” tegas Sekda Walilo. Pemusnahan barang kadaluarsa itu lanjut Walilo merupakan tindak lanjut dari undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, yang mana para pelaku usaha dilarang untuk memperdagangkan barang dagangan yang sudah rusak atau melewati batas waktu pemakainnya.”Barang yang sudah expaire harus dimusnahkan,” tegas Sekda Walilo.
Menurutnya bila masa pemakaian barang dagangan tinggal satu atau dua bulan lagi, maka pelaku usaha harus melaporkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan, untuk dilakukan penarikan dan jangan dibuang disembarang tempat. “Bagi yang melanggar akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku bahkan ijin usahanya akan dicabut,”lanjut Sekda.
Sinergitas dan kerjasama dari semua pihak yang terkait sangat dibutuhkan, untuk melakukan pengawasan dan pembinaan bagi para pelaku usaha. “Bagi pelaku usaha yang membandel dan terindikasi melakukan pelanggaran menjual barang kadaluarsa, akan dilakukan proses hukum untuk memberikan efek jera,” ujarnya.
Pemusnahan barang kadaluarsa dihalaman kantor bupati di hadiri para Muspida Kabupaten Jayawijaya dan dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Ka Polres,Dandim,Kepala Kejaksaan Wamena, Ketua Pengadilan Negeri Wamena, para pedagang,tokoh agama dan tokoh masyarakat sebagai tanda turut mendukung kegiatan pemusnahan barang-barang kadaluarsa tersebut.

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top