Kompetensi Guru Tk Akan Ditingkatkan

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun IGTKI-PGRI ke-62  se-provinsi Papua yang dipusatkan di Wamena baru-baru ini ditandai dengan pelantikan Pengurus IGTKI-PGRI Kabupaten Jayawijaya untuk masa bhakti 2012-2016. Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo, S.Sos. M.Par. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Sekda, Gaad Piranid Tabuni, SP. MM, mengatakan salah satu  program prioritas Pemerintah Kabupaten Jayawijaya adalah memberlakukan Pendidikan Gratis untuk semua tingkatan Sekolah mulai dari sekolah Taman Kanak-Kanak sampai dengan Sekolah Menengah Umum.

“ Pendidikan Gratis ini kita berlakukan kepada semua peserta didik yang ada di kabupaten Jayawijaya tanpa memandang suku,agama dan golongan, biaya SPP kita gratiskan, semuanya kita berikan perlakuan dan pelayanan yang sama “ ujar Gaad Tabuni

Menurutnya, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Jayawijaya,  diperlukan komitmen yang kuat dan peran serta aktif dari semua pihak untuk mendukung program pemerintah dalam bidang pendidikan, disamping itu juga kualitas dan kompetensi guru juga perlu ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan dan memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk menimba ilmu diperguruan tinggi yang ada di Papua .

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum IGTKI Provinsi Papua, Rosida Menanti, ” kualitas guru TK  yang ada sekarang ini perlu ditingkatkan  mutu pendidikannya melalui jenjang pendidikan, dan kita akan membuka kelas khusus yang bekerjasama dengan Universtas Cendrawasih Jayapura, sehingga pendidikan guru TK yang tadinya D II akan ditingkatkan menjadi S 1 “ tegasnya.
Menilik perkembangan TK dan PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) di kabupaten Jayawijaya saat ini cukup pesat, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya jumlah TK yang ada di Kota Wamena sekarang ini berjumlah  14 buah, dan ini mengindikasikan bahwa kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk memberikan pendidikan yang bermutu secara dini kepada putra-putri mereka, sehingga dapat  membentuk karakter yang baik saat dewasa nantinya. Terkait dengan hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya telah memberikan dukungan  yang nyata terhadap kemajuan pendidikan di daerah ini dengan memberikan anggaran yang cukup besar untuk sektor pendidikan, dengan harapan akan tercipta pendidikan yang berkarakter, handal, dan berkualitas di kabupaten Jayawijaya.( humas )

    top