Sekitar 80% Para Pedagang Belum Mengurus Surat Ijin Usaha

 Wamena - Kesadaran para pedagang untuk mengurus surat-surat ijin usaha masih sangat kurang. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga pendapatan daerah yang ditargetkan selalu meleset dari target semula.

Monitoring yang kedua kalinya saat ini dilakukan pihaknya untuk membantu dalam pengumpulan data pelaku usaha yang ada di Kabupaten Jayawijaya agar patuh terhadap aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah. “Tugas ini harus dilakukan oleh bagian perekonomian Setda Jayawijaya, kami hanya membecup saja,” ujarnya.
Hal tersebut dikatakan kepala sub bagian pendapatan daerah Kabupaten Jayawijaya, Petrus Rudi Fun. S.IP. saat melakukan monitoring dipasar Jibama bersama tim/rombongan dari beberapa dinas dan Bagian terkait yaitu, Bagian Perekonomian, Perindakop, BLH dan Pendapatan Daerah, Senin (22/09).
“Saat turun lapangan pihaknya juga membawa data pembanding,  data tahun lalu dan data tahun ini untuk dicocokan keabsahan kepemilikan surat-surat dari pelaku usaha tersebut,” ujarnya. “Ternyata setelah dilakukan pengecekan ternyata banyak surat-suratnya seperti SITU dan SIUP sudah mati,” tegas Rudi.
Surat ijin usaha yang telah selesai masa berlakunya seperti, NPWPD, SITU, SIUP harus diklarifikasi kembali, semula ketiga surat tersebut ditandatangani Bupati saat ini sudah berubah karena ditandatangani Sekda. “Hal itu memang bukan kesalahan wajib pajak, namun menjadi tugas dari pemerintah yang akan membenahi secara baik dan benar,” ujarnya.
“Berdasarkan data setahun yang lalu sekitar 80% para pedagang belum mengurus surat ijin usaha, untuk tahun ini sekitar 60% para pedagang sudah mengurusnya dan berdampak terhadap meningkatnya pendapatan,” ujarnya.
Rudi juga berharap kepada para pedagang yang belum mengurus surat ijin usaha maupun surat ijin yang usai masa berlakunya supaya secepatnya diurus ke dinas-dinas terkait demi kelancaran usaha.
”Setiap usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha, harus ada ijin yang jelas agar tidak dianggap liar sehingga mampu berperan serta mendukung pelaksanaan pembangunan di Jayawijaya,” imbuhnya.

 

 

 

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top