Armada Wings Air Dan Express Air Jawaban Untuk Mengatasi Kesulitan Masyarakat Di Jayawijaya

 Wamena - Kehadiran dua armada pesawat penumpang jenis Wings Air 72-500 PK WFW dan Express Air PK-TXT  sangat membantu mobilitas masyarakat, barang dan jasa di wilayah Pegunungan Tengah. Hal itu ditegaskan bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH ketika menyambut sekaligus meresmikan beroperasinya dua armada pesawat di Wamena Kamis (17/9).

Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH mengatakan, dengan beroperasinya dua armada pesawat penumpang Wings Air dan Express bisa menjawab kesulitan masyarakat yang selama ini mengeluh terkait tingginya biaya tiket. “Selama ini armada  pesawat penumpang Trigana Air yang hanya satu, dimanfaatkan oleh para calo tiket dengan menaikkan harga yang sangat tinggi, 2 kali bahkan 3 kali lipat. “Kehadiran dua armada pesawat ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat Jayawijaya dalam memenuhi kebutuhan sarana transportasi udara,” tegas Wempi.
Menurutnya, Wamena sebagai sentral dari pemekaran 7 kabupaten yang ada di wilayah Pegunungan Tengah, memiliki wilayah yang sangat luas dan perbatasan dengan Papua New Guinea (PNG). “Melihat kondisi geografis yang begitu luas, sudah saatnya Jayawijaya mendapat dukungan dari semua sektor dan stake holder termasuk angkutan udara, karena hal itu dapat mengangkat harkat dan martabat orang Pegunungan kepermukaan,” ujarnya.
Menurutnya ditahun 1980 an sudah ada jalan darat yang menghubungkan Jayapura dan Wamena sepanjang 800 Km, namun kondisi jalan itu saat ini sudah rusak sehingga untuk ke Wamena hanya bisa ditempuh dengan pesawat udara.
Bupati Wempi Wetipo mengakui slog time yang selama ini masih diatur di bandara Sentani, dapat dirubah oleh kedua maskapai penerbangan Express Air dan Wings Air dapat diatur di Wamena. “Manajemen armada Wings Air dan Express Air harus konsisten dan komitmen untuk melayani masyarakat yang ada di Jayawijaya, terutama dalam menjual harga tiket dan pelayanannya,” ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama Bupati juga mengatakan, akan memperpanjang landasan pesawat yang semula 2.200 meter menjadi 2.800 meter. “Dengan tambahan 600 meter ini landasan pacu Bandar Udara Wamena diharapkan akan dapat didarati oleh pesawat yang lebih besar dan penambahan landasan pacu ini akan memutus dua akses jalan darat yaitu jalan Pattimura dan jalan J.b. Wenas,” ujarnya.
Sementara itu Direktur Utama Wings Air Ahmad Hasan melaporkan, Pesawat Wings mempunyai kapasitas 71 tempat duduk dan untuk mendapatkan tiket dapat dilakukan secara online sesuai dengan jadwal dan rute penerbangan yang diinginkan. “Untuk mendapatkan semua layanan itu warga masyarakat dapat mengaksesnya secara mudah,” tandasnya.

 

 

 

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top